Di Boyolali, Ratusan Rumah Terendam

Sumber:Suara Merdeka - 20 Februari 2009
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

BOYOLALI- Gara-gara hujan deras semalaman, Desa Kismoyoso, Kecamatan Ngemplak dan Desa Potronayan, Kecamatan Nogosari dilanda banjir, kemarin. Banjir yang terjadi mulai pukul 04.00 tersebut mengakibatkan ratusan rumah warga terendam.

Semula warga tidak menyangka saat melihat air Sungai Kismoyoso meluap.
Mereka mengira tingginya air itu karena hujan deras semalaman. Namun dalam waktu singkat, air semakin meninggi dan masuk ke perkampungan.

Bahkan, air dengan cepat masuk ke rumah warga. Sebagian warga berusaha membuat tanggul di pintu masuk ternyata tidak banyak menolong.

Tercatat enam dukuh yang dilanda banjir yaitu, Beran, Tegalan, Tambas, Grasak, Kedungdowo dan Ngampu. Kondisi paling parah terjadi di Dukuh Ngampu, ketinggian air mencapai pundak orang dewasa.

Bahkan SDN 1 dan SDN 3 Kismoyoso terpaksa diliburkan karena seluruh ruangan terendam banjir lebih dari satu meter. ’’Semalam memang hujan deras, mas. Tidak disangka ternyata terjadi banjir,’’ ujar warga Dukuh Tegalan, Slamet (32).

Meskipun tidak mengakibatkan korban jiwa, namun banjir membuat warga menderita. Apalagi, datangnya air terjadi menjelang subuh.

Sebagian besar warga tidak sempat memasak untuk menyediakan makan pagi bagi keluarganya. Mereka sibuk menyelamatkan barang miliknya agar tidak hanyut maupun terendam banjir. Warga juga tidak bisa ke sawah karena terendam banjir. (G10 - 80)



Post Date : 20 Februari 2009