Desa Soya di Ambon Kekurangan Air Bersih

Sumber:Suara Pembaruan - 22 Desember 2007
Kategori:Air Minum
[AMBON] Kepala Desa (Kades) Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Renee Rehata mengatakan, walaupun Desa Soya memiliki 11 titik mata air yang dialirkan ke Kota Ambon, namun faktanya akibat debit air yang terus berkurang mengakibatkan air tidak mampu dipompa karena kedudukkan Desa Soya yang terletak di atas perbukitan dan berada di atas puncak ketinggian Gunung Sirimau.

"Saya mintakan perhatian serius pemerintah daerah (pemda) untuk menyikapi masalah ini, mengingat warga Desa Soya juga butuh air bersih. Masalah ini sudah disampaikan dua tahun silam, namun belum mendapat tanggapan dari pemda. Kami berharap pemda memberikan perhatian karena Desa Soya merupakan daerah tujuan pariwisata dan menjadi lokasi pengembangan agro wisata," ujar Rehata, Rabu (19/12) di Ambon.

Sementara itu, Forum Bahasa Media Massa (FBMM) bersama istri Wakil Gubernur Hj Hanny Latuconsina yang menyerahkan santunan Natal tersebut berjanji menyikapi keluhan warga Desa Soya untuk disuarakan ke pemda Maluku dan pemerintah kota (pemkot) Ambon.

Menurut Sekretaris FBMM Rudy Muhrim, Desa Soya yang terletak di puncak Gunung Sirimau dengan hawanya yang sejuk dan tekstur tanah yang sangat subur, menjadikannya sebagai modal utama Pemkot Ambon untuk mengembangkan kawasan tersebut sebagai kawasan pusat pengembangan agro wisata.

Hanny Latuconsina mengatakan, bukan saja masalah air bersih yang menjadi kebutuhan keluarga di Desa Soya, namun jalur jalan darat menuju Desa Soya juga menjadi masalah tersendiri. Sempitnya jalan dan berada di pinggir tepi jurang sangat berbahaya bagi keselamatan warga dan pengunjung. [VL/M-11]



Post Date : 22 Desember 2007