Desa Brojol Tak Lagi Krisis Air Bersih

Sumber:Suara Merdeka - 16 Agustus 2007
Kategori:Air Minum
SRAGEN-Proyek sumur dalam saat ini sedang dikerjakan DPU Sragen di Dukuh Karanganyar, Desa Brojol, Kecamatan Miri. Sumur tersebut dibuat untuk menyediakan air bersih bagi 63 keluarga.

Di desa tersebut ketersediaan air bersih pada musim kemarau memang sangat minim. Nardi (42) warga setempat menuturkan, keberadaan sumur dalam ini sudah ditunggu-tunggu selama dua tahun.

"Akhirnya proyek pengeboran sumur dilakukan. Menurut pekerja airnya melimpah," ujar dia ketika ditemui di proyek pengeboran, kemarin.

Proyek tersebut sudah berlangsung selama dua minggu dan dinyatakan rampung. Pipa-pipa pengebor sudah dikembalikan ke Sragen.

"Setahu saya proyek selanjutnya adalah pembangunan bak penampungan air dan pemasangan pipa-pipa," kata dia.

Menurut Nardi, sumur tersebut merupakan satu-satunya alternatif utuk memperoleh air bersih. Sebab, selama dua tahun ini warga selalu mengalami masalah dengan ketersediaan air bersih.

Pembangunan sumur dalam ini adalah upaya. Hadi Mulyono (42) wakil RT 04/02 mengatakan, dua tahun lalu wilayahnya sangat rawan air bersih. Warga yang berusaha menggali sumur hingga kedalaman 30 meter lebih tidak mendapat air yang memadai.

"Karena kesulitan air bersih, warga terpaksa mengandalkan sumur milik Samadi. Bahkan, setiap dua hari sekali warga meminta droping air PDAM sebanyak dua tangki kapasitas 5.000 liter."

Kepala UPTD DPKP Miri Suhardi mengatakan, pengeboran sumur itu masuk dalam program air dalam tanah (PADT) yang didanai APBD Jawa Tengah. Namun dia tidak tahu persis jumlah dananya.

Selain Brojol, ada tiga desa lain yakni Doyong, Girimargo, dan Soka yang menungggu giliran penggalian. (J5-63)



Post Date : 16 Agustus 2007