Deliserdang Siap Menjadi Lokasi TPA

Sumber:Koran Sindo - 07 April 2011
Kategori:Sampah Luar Jakarta

MEDAN- Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut membangun tempat pembuangan akhir (TPA) sampah regiobal mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Deliserdang Irman DJ Oemar mengatakan, rencana pembangunan TPA regional ini sudah saatnya dibahas secara intensif. Sebagaimana terjadi di beberapa provinsi, pembangunan TPA regional akan menjadi masalah yang pelik karena melibatkan lebih dari satu daerah. Untuk kawasan regional Medan, Binjai dan Deliserdang, pembangunan diperkirakan sebaiknya di Deliserdang.

Sebab, ketersediaan lahan di daerah ini masih mencukupi di banding Medan. “Pada dasaranya Deliserdang tidak keberatan dibangun (TPA regional).Yang penting tidak mengganggu lingkungan dan mendatangkan nilai tambah,” ujar Irman di Medan, kemarin. Sejauh ini memang belum ada keputusan mengenai lokasi TPA regional di kawasan Medan, Binjai dan Deliserdang. Irman hanya mengingatkan agar pembangunan TPA regional nantinya tidak mengganggu lingkungan.

Sebab, dalam banyak kasus, pembangunan tempat pembuangan sampah (TPS) kerap mendapat penolakan dari masyarakat. Selain tidak merusak lingkungan, Irman juga berharap,pembangunan TPA regional di Deliserdang bisa memberi dampak positif bagi masyarakat maupun pemerintah. Pembangunan TPA regional ini nantinya akan melibatkan pemkab dan pemerintah kota (pemko) di Sumut.Kajian program ini sudah dilakukan pada tahun ini hingga tahun depan.

Sampah menjadi permasalahan serius di beberapa kabupaten/ kota, terutama di Medan, seiring pertumbuhan penduduk dan perkembangan kota. Hal ini disebabkan TPA yang dimiliki kota atau kabupaten sudah tidak mencukupi. Oleh karena itu, pembangunan TPA regional menjadi program penting.TPA regional yang direncanakan dibangun, meliputi kawasan Medan-Binjai- Deli-serdang; TPA Tebingtinggi- Serdangbedagai; Sibolga-TapanuliTengah; Nias; Kawasan Danau Toba; Simalungun dan Asahan-Tanjungbalai.

Kepala Bappeda Sumut Riadil Akhir Lubis sebelumnya mengharapkan,pembangunan TPA regional bisa menyukseskan penataan ruang dan wilayah Sumut.Pembahasan pembangunan TPA regional akan meliputi pembagian wilayah dan kontribusi bagi daerahdaerah yang wilayahnya dipakai sebagai lokasi TPA regional. Hal ini agar keberadaan TPA memberikan keuntungan untuk seluruh kabupaten/- kota.

Riadil mengatakan,beberapa kendala dalam pembangunan TPA ini akan dibicarakan oleh pemprov dengan pemko/ pemkab. Akan ada penyamaan persepsi tentang pentingnya TPA regional dan upaya bersama mengatasi masalah sampah yang sudah meresahkan di beberapa kabupaten/ kota. rijan irnando purba



Post Date : 07 April 2011