Debit Air Turun, Pasokan PDAM Terganggu

Sumber:Suara Merdeka - 12 Maret 2007
Kategori:Air Minum
GROBOGAN- Penurunan debit mata air Sucen, Batang, dan Lengki, menyebabkan distribusi air bersih di Kota Purwodadi dan sekitarnya tersendat. Diduga faktor kerusakan lingkungan menyebabkan debit air ketiga sumber itu menurun.

Kendala ini membuat PDAM sebagai pengelola air bersih, harus mengatur pendistribusian air secara cermat. ''Ada beberapa hal yang membuat debit air turun. Salah satunya kondisi lingkungan di kawasan itu yang rusak,'' papar Kepala PDAM Purwodadi Ir Mulyadi SP, pekan lalu.

Padahal, lanjutnya, ketersediaan air dari ketiga sumber itu sangat penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Purwodadi dan sekitarnya. Karena itu, ia berharap Pemkab melakukan upaya penyelamatan terhadap ketiga sumber mata air tersebut. Selain itu, juga merehabilitasi lahan kritis di sekitar lingkungan mata air.

Investor

''Selain memanfaatkan mata air tersebut, kami juga menggunakan air permukaan dari Bendung Sidorejo untuk mendukung distribusi air bersih,'' tambahnya.

Pemenuhan kebutuhan dari bendungan ini, papar dia, akan menambah jumlah persediaan air bersih bagi masyarakat. Selain itu, alternatif menggunakan air dari Sungai Lusi juga menjadi pilihan PDAM. Meski terkendala banyak hal, dia mengaku layanan air bersih akan terus diperbaiki dari waktu ke waktu.

Dia juga mengaku senang apabila ada investator yang masuk ke Purwodadi, untuk mengerjakan pengelolaan air bersih. Hal ini, menurutnya, sangat penting untuk mendukung kualitas pelayanan air bersih yang semakin bermutu. (hs-37)



Post Date : 12 Maret 2007