Debit Air Bersih Segera Ditambah

Sumber:Koran Sindo - 17 Februari 2009
Kategori:Air Minum

MEDAN (SINDO) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi akan menambah debit air 500 liter/detik. Dengan demikian, jumlah pelanggan yang dapat bertambah sebanyak 40.000 rumah.

Kepala Divisi Public Relation PDAM Tirtanadi Delviyandri menyatakan,sebanyak 1 liter air mampu melayani 70 pelanggan.Tahun lalu perusahaan ini memproduksi air sebesar 5.070 liter per detik.

”Izin dari Balai Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum sudah kami peroleh. Mengenai waktu persis penambahannya belum dapat dipastikan,” ungkapnya di Medan kemarin. Tambahan debit air itu akan dilakukan pada instalasi Sunggal. Saat ini, instalasi tersebut mampu memproduksi 1.850 liter air/detik. Penambahan debit harus melihat kondisi instalasi pengolahan.

”Kami masih menunggu waktu yang tepat untuk penambahan,” ujarnya. Delviyandri menambahkan, air yang keluar dari instalasi PDAM mampu melayani pelanggan pada 391.000 rumah. Total kebutuhan air untuk seluruh pelanggan yang tersebar di seluruh Sumut saat ini 5.200 liter/detik.

Selama ini, air yang diproduksi perusahaan ini bersumber dari enam instalasi air minum di Sumut, yaitu Sibolangit, Delitua, Hamparan Perak, Sunggal, Limau Manis, dan bekerja sama dengan Pemerintah Prancis melalui sistem built operate and transfer (BOT) berkapasitas 500 liter/- detik. Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumut Abu Bakar Siddiq mengungkapkan, konsumen hanya ingin memastikan air bersih yang dikirim ke bak penampungannya lancar.

Karena itu,PDAM Tirtanadi diminta benar-benar memperbaiki kualitas produksinya. ”Kalau ingin menambah debit air, hendaknya tidak langsung menambah pelanggan dalam jumlah banyak agar peningkatan pelayanan terhadap pelanggan lama dapat dipenuhi,”pungkasnya. (jelia amelida)



Post Date : 17 Februari 2009