Daur Ulang Sampah Jadi Program Unggulan

Sumber:Koran Sindo - 22 Februari 2011
Kategori:Sampah Luar Jakarta

MAKASSAR (SINDO) – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggencarkan daur ulang sampah di wilayah pesisir untuk dijadikan sebagai salah satu program unggulan pemerintah.

Program yang dikerjasamakan dengan beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) ini dinilai berhasil oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui penghargaan inovasi manajemen perkotaan (IMP), yang hari ini akan diterima langsung Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin di Jakarta. Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Pemkot Nielma Palamba mengatakan, ada banyak indikator yang menjadi penilaian Kemendagri sehingga menobatkan Makassar memperoleh Penghargaan IMP tersebut.

Di antaranya warga di wilayah pesisir mampu mengelola sampah yang ada di sekitar lingkungannya menjadi sesuatu yang bermanfaat. “Jadi secara umum, Pemkot Makassar dianggap mampu mengubah wilayah kumuh menjadi wilayah yang bersih dan rapi serta secara spesifik warga yang ada di pesisir mampu mengubah dan mendaur ulang sampah sehingga bisa bermanfaat. Ini bisa dilihat di Cambayya, Kecamatan Ujung Tanah,” ujar dia kemarin.

Ortala Pemkot merupakan instansi yang menjadi fasilitator dalam penilaian Kemendagri di sejumlah wilayah pesisir di Makassar saat 2010.“Ini adalah penghargaan yang berarti bagi kita semua. Makassar memiliki poin tinggi dari daerah lain di Indonesia karena mampu bekerja sama dengan NGO (nongoverment organization) atau LSM,”papar dia. Kepala Bagian Humas Pemkot Mukhtar Tahir menambahkan, penghargaan IMP adalah bukti bahwa Pemkot memiliki kinerja yang cukup baik untuk pelayanan publik sehingga dia berharap,prestasi ini harus dipertahankan.

Menurut dia, program Green and Clean yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu,menjadi penopang penghargaan Ini.“Di wilayah, penilaian warga menggunakan irigasitetesdanbioporiuntukmeningkatkan kesuburan tanah di wilayah pesisir dan peran serta masyarakat sangat besar,”papar Mukhtar. (arif saleh)



Post Date : 22 Februari 2011