Dapat Hibah Penjernih Air

Sumber:Surya Pos - 23 Januari 2008
Kategori:Air Minum
Malang-Surya, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang akan menerima empat unit alat penjernih air dari Palang Merah Internasional. Alat yang bernama latin Planta Potabilizadora Movil Emergencia ini akan digunakan sebagai pengolah air kotor menjadi air yang layak pakai pada saat bencana terjadi. Ketua PMI Cabang Kabupaten Malang Drg Ratna Rubianto Msi mengatakan, Palang Merah Internasional tidak memberikannya secara cuma-cuma. Relawan PMI Kabupaten Malang diharuskan terlebih dahulu bersedia ditugaskan di daerah bencana sebagai pengelola air bersih dengan menggunakan alat tersebut.

Secara tegas kami menyatakan kami siap dikirim kemanapun, tandas Ratna dalam Pelatihan dan Pembentukan tim Water and Sanitation (Watsan) di Kantor PMI Kabupaten Malang Jl Raya Kebonagung, Senin (22/1).

Menurutnya, PMI Kabupaten Malang merupakan pihak yang pertama kali mempunyai tim Watsan. Sehingga Palang Merah Internasional bersedia menghibahkan alat tersebut.

Pada saat kondisi normal, alat ini mampu beroperasi selama enam jam. Setiap jamnya mampu menjernihkan 3.000 liter air kotor menjadi air bersih yang siap pakai. Sedangkan pada saat bencana, alat ini mampu dioperasionalkan tanpa henti selama 12 jam. Yang penting genset-nya dapat terus menyala, kata Ratna.

Ratna menambahkan, air dan sanitasi merupakan hal yang sangat vital pada saat bencana terjadi. Sebab pada saat bencana, stok air bersih sangat terbatas. Belum lagi dengan permasalahan sanitasi yang harus dihadapi oleh para korban. Dengan tersedianya alat ini, diharapkan segala permasalahn air bersih dan sanitasi bagi para korban bencana dapat teratasi.

Untuk mengoperasikannya, PMI Kabupaten Malang telah membentuk tim khusus yang terdiri dari 32 orang. 22 Orang berasal dari relawan PMI Kabupaten Malang dan 8 orang lainnya berasal dari Kodim 0818, Polres Malang, Dinas Kimpraswil, Kesbang Linmas, Satpol PP, Banser, dan MUI Kabupaten Malang.k5



Post Date : 23 Januari 2008