Daerah Mulai Krisis Air

Sumber:Surya Pos - 10 Juli 2008
Kategori:Air Minum

Jakarta - Departemen Pekerjaan Umum (DPU) menyiapkan 25 truk tangki air untuk mengantisipasi kekurangan air yang bakal melanda sejumlah daerah di Jawa. Krisis air diperkirakan meluas hingga akhir musim kemarau 2008. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan ada sejumlah daerah di empat provinsi di Pulau Jawa yang akan kekurangan air. Di antaranya beberapa wilayah di Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Barat.

“Mobil tangki disiapkan untuk mengantisipasi di daerah-daerah yang mengalami kekeringan” kata Djoko dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi V DPR di Jakarta, Rabu (9/7).

Selain itu, kata dia, sebanyak 540 mobil tangki yang telah ada di seluruh Indonesia akan dimaksimalkan penggunaannya saat menghadapi krisis air yang sudah mulai dirasakan.
Sementara Direktur Jenderal Cipta Karya Budi Yuwono mengatakan, di Jawa saja saat ini 14 kabupaten kekurangan air. “Diperkirakan kekurangan air akan meluas, makanya nanti mobil tangki akan dikirimkan berdasarkan kebutuhan,” kata Budi.

Bila 25 mobil tambahan tersebut tidak mampu mengatasi krisis air, akan diusahakan penambahan. Hal ini, jelas Budi, karena laporan kekeringan baru datang dari Jawa saja. Padahal di pulau-pulau lain, potensi kekeringan juga sangat besar.

“Saat ini baru ada 14 kabupaten/kota yang melaporkan.  Sampai puncak musim kemarau yaitu Agustus-September kemungkinan ada ratusan daerah yang melaporkan,” ujar Budi tanpa merinci nama-nama kabupaten/kota. jbp/ewa 



Post Date : 10 Juli 2008