Daerah Genangan Air Prioritas Program Drainase

Sumber:Bangka Pos - 04 Januari 2006
Kategori:Drainase
PANGKALPINANG Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, Sardjulianto menegaskan untuk program drainase Kota Pangkalpinang akan dipusatkan pada daerah yang terjadi genangan air. Dana yang dianggarkan sebesar Rp 5 miliar, namun tak satupun untuk pembuatan saluran baru.

Program drainase yang bertujuan untuk mengatasi banjir ini dikonsentrasikan untuk normalisasi pada saluran primer yaitu di Pedindang, Linggarjati dan Semabung.

Kita belum perlu adanya by pass, kita masih pakai saluran yang eksis sekarang. Jadi alur air yang masih ada kita normalisasi saja, ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, Sardjulianto kepada Bangka Pos Group, Selasa (3/1).

Menurut Sardju, cara kerja di dalam program drainase ini saling berkesinambungan dimana antara saluran primer, sekunder dan tersier saling berdekatan.

Saluran tersier pengerjaan dibantu dengan dana PKPS BBM, dana di kelurahan dan kecamatan. Sedangkan pihak PU konsentrasi di primer dan sekunder dengan dana sekitar Rp 5 miliar. Jika program ini benar-benar dijalankan, paling tidak menghilangkan atau mengurangi genangan air yang ada di Kota Pangkalpinang ini, tukas Sardjulianto.

Untuk drainase akan ada peningkatan dan pemeliharaan dengan melakukan normalisasi yang saluran-saluran yang belum dinormalisasi.

Kita akan normalisasi pada saluran yang masih tanah, dimana airnya masih lari ke mana-mana, caranya dibuat talud. Sedangkan program pemeliharaan pada drainase dilakukan pada saluran yang sudah penuh dengan lumpur yang akan diangkat, ujar Sardju.

Rencananya program ini akan direalisasikan Maret mendatang. Untuk pemeliharaan kita lakukan bulan Januari dan Februari dan peningkatan mulai Maret, ujar Sardju. (h7)

Post Date : 04 Januari 2006