CUACA TIDAK MENENTU; Pemohon Bantuan Air Bersih Meningkat

Sumber:Kedaulatan Rakyat - 06 Oktober 2005
Kategori:Air Minum
WATES (KR) - Pemohon bantuan air bersih ke Pemkab Kulonprogo, terus meningkat meski dalam beberapa hari terakhir cuaca mulai muncul mendung dan sempat turun hujan dibeberapa wilayah di Kulonprogo.

Cuaca yang tidak menentu tersebut semakin menyulitkan warga masyarakat yang tinggal di wilayah kekeringan untuk mendapatkan air bersih.

Kabag Kesra Pemkab Kulonprogo, Arif Sudarmanto SH yang ditemui KR di ruangkerjanya, Rabu (5/10) menjelaskan, pihaknya melakukan koordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pemkab Kulonprogo, untuk segera mengirimkan bantuan air bersih. Memasuki bulan Ramadan sudah ada pengurus beberapa masjid di wilayahnya yang mengajukan permohonan bantuan air bersih untuk keperluan ibadah.

Laporan terakhir, katanya permohonan bantuan air bersih datang dari salah satu masjid di Tuksono, Kecamatan Sentolo. Sebelumnya juga sudah menerima permohonan dari pengurus Masjid di desa Margosari, kecamatan Pengasih dan permohonan dari kelompok masyarakat di desa Jangkang Lor, kecamatan Sentolo.

"Setiap ada yang mengajukan permohonan, Bagian Kesra terus mengkoordinasikan dengan PDAM Kulonprogo agar segera dikirim air bersih. Termasuk, pengajuan permohonan dari pengurus Masjid untuk keperluan ibadah. Kami berusaha agar kesulitan mendapatan air bersih dapat segera teratasi," tutur Arif Sudarmanto SH.

Pada musim kemarau tahun ini cuaca di wilayah Kabupaten Kulonprogo tidak menentu. Beberapa waktu terakhir cuaca sempat mendung. Bahkan, diantaranya wilayah kekeringan sempat hujan gerimis namun belum mampu mengatasi masyarakat yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

Menurutnya pada bulan September 2005, Bagian Kesra sudah melakukan pengedropan air bersih di wilayah kecamatan Kalibawang yang meliputi di wilayah desa Banjararum, Banjarasri, Banjarharjo dan Banjaroyo. Sedangkan untuk bulan Oktober 2005 dijadwalkan melakukan pengedropan di wilayah kecamatan Nanggulan.

Pengedropan air bersih di wilayah kecamatan Nanggulan, katanya difokuskan di tiga desa yaitu di desa Banyuroto, Tanjungharjo dan Donomulyo. Pengedropan berdasarkan permohonan yang dikirimkan masyarakat ke Bagian Kesra Pemkab Kulonprogo.

"Tanpa ada mengajuan permohonan dari masyarakat, tidak mengetahui masyrakat kesulitan air bersih. Jadi warga masyarakat yang harus pro aktif," jelasnya. (Ras/Can)-n.

Post Date : 06 Oktober 2005