Cleaning and Disinfection of Boreholes in Emergencies

Pengarang:-
Penerbit:WHO Regional Office for South East Asia
Kategori:Inovasi Teknologi
Referensi:http://www.who.or.id/eng/contents/aceh/wsh/Borehole disinfection.pdf

Pustaka ini merupakan petunjuk praktis membersihkan sumur pantek dalam kondisi darurat sehingga pulih seperti semula. Darurat dalam hal ini seperti pasca gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan lain-lain.

Ada 5 langkah yang dianjurkan, yaitu:
1. Penilaian dampak kerusakan. Bencana bisa terjadi di atas atau di bawah permukaan tanah yang berpengaruh pada bagian-bagian sumur pantek. Pada sumur tersebut dimungkinkan terjadi kontaminasi atau pencemaran. Langkah pertama adalah penilaian dampak kerusakan baik pada sumur maupun pompanya.
2. Rehabilitasi sumur pantek. Sebelum sumur pompa dibersihkan, semua kandungan tanah liat dan kerikil sudah harus dihilangkan.
3. Tes pemompaan sumur pantek. Memeriksa kondisi pompa tergantung jenis yang dipakai, apakah pompa tangan atau pompa motor.
4. Desinfeksi sumur pantek. Langkah rehabilitasi selanjutnya adalah memeriksa parameter air menurut kekeruhan dan derajat keasaman (pH). Dengan demikian dapat ditentukan dosis klorinasi yang efektif.
5. Pengurasan sumur pantek. Setelah waktu kontak klorinasi tercapai, sumur pantek dikuras sekali lagi dengan menggunakan kompresor udara.



Post Date : 21 Februari 2007