Cimahi Krisis Air Bersih

Sumber:Pikiran Rakyat - 15 September 2007
Kategori:Air Minum
CIMAHI, (PR).-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi kewalahan memenuhi tingginya permintaan air bersih warga di daerah-daerah yang dilanda kekeringan karena mobil tangki pengangkut air bersih yang ada sangat terbatas.

Hal itu dibenarkan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Ir. Dien Wulandiati, didampingi Kabag TU Dinas LH Cimahi, Ahmad, S.M.Hk., S. Sos., ketika ditemui PR di ruang kerjanya, Jumat (14/9).

Menurut Dien, permintaan bantuan air bersih warga yang tinggal di daerah-daerah kritis air bersih terus bertambah, terutama dari wilayah Kec. Cimahi Selatan, seperti, Kel. Melong, Kel. Utama, dan Kel. Leuwigajah. Begitu juga di wilayah Kec. Cimahi Tengah, seperti, Kel. Cibabat dan Kel. Karangmekar.

Namun, mobil tangki yang ada hanya tiga unit, satu di antaranya untuk menyuplai air bersih masyarakat di sekitar TPA Sarimukti, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat. Oleh karena itu, pendistribusian bantuan air bersih terpaksa dilakukan secara bergilir.

Untuk antre dan mengisi tangki dari sumber air saja, bisa menghabiskan waktu sampai tiga jam. Karena kita beli dari swasta sehingga yang antre banyak. Harganya Rp 30. 000,00/tangki kapasitas 5. 000 liter, katanya. Dalam waktu dekat, DLH akan mendapat tambahan dua unit mobil tangki hasil pengadaan tahun 2007 .

Minum dan masak

Oleh karena itu, lanjut Dien, bantuan air bersih dari Pemkot Cimahi diberikan hanya untuk penanggulangan darurat.

Jadi, air tersebut hanya untuk keperluan minum dan masak, bukan untuk mandi atau mencuci, sedangkan kebutuhan air untuk mandi dan mencuci, diharapkan pemenuhannya bisa dibantu kalangan industri, khususnya bagi masyarakat yang ada di wilayah Kec. Cimahi Selatan.

Dalam upaya penanggulangan darurat itu, kata Dien, Pemkot Cimahi mengalokasikan dana sekitar Rp 100 juta. Ia pun berharap, dampak kekeringan yang terjadi di Cimahi bisa diminimalisasi dengan program pembangunan sumur-sumur bor yang dibangun Dinas Tata Kota. (A-136)



Post Date : 15 September 2007