Cieunteung Terendam, 331 Siswa Diungsikan

Sumber:Koran Sindo - 04 Desember 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

BANDUNG (SINDO) – Hujan yang terjadi sejak kemarin sore kembali meluapkan air Sungai Citarum dan merendam sedikitnya 450 rumah warga Kampung Cieunteung, Kelurahan/Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. 

Ketinggian air mencapai rata-rata 1 meter yang mulai mencapai puncaknya sekitar pukul 18.00 WIB. Hingga berta ini diturunkan, banjir masih terjadi. Jalan di kawasan Mekarsari sepanjang 600 meter terputus dan tak bisa dilalui kendaraan bermotor.Warga setempat kembali mengandalkan bantuan dua unit perahu kayu dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk keluar masuk rumah mereka.

Lurah Baleendah Asep Sulaeman mengatakan, banjir kali ini tidak terduga lantaran hujan yang turun sejak kemarin sore tidak terbilang deras. Kendati demikian, aparat pemerintah bersama Satlak Penanggulangan Bencana Kecamatan Baleendah mulai siaga guna mengevakuasi warga ke tempat pengungsian.

”Puluhan warga terpaksa dievakuasi ke masjid terdekat karena ketinggian air ada yang mencapai 1 meter,”kata Asep kepada wartawan kemarin. Mereka dievakuasi ke Gedung DPC PDI Perjuangan di Jalan Jaksa Naranata, Baleendah.

Asep mengungkapkan, selain Kampung Cieunteung, banjir juga terjadi di Kampung Mekarsari RT 01 dan 02/28 di mana sekitar 70 rumah warga turut tergenang. Sementara itu, sedikitnya 331 siswa SDN Mekarsari di Kampung Cieunteung,Kelurahan/ Kecamatan Baleendah, siap diungsikan jika banjir yang melanda gedung sekolah itu kembali terjadi. Kegiatan belajar mengajar SD tersebut dipindah ke tempat pengungsian di Taman Kota Baleendah. (iwa ahmad sugriwa)



Post Date : 04 Desember 2008