Cari Sumber Air, Warga Gali Lubang Gua

Sumber:Koran Sindo - 29 November 2012
Kategori:Air Minum
GUNUNGKIDUL – Krisis air bersih yang rutin melanda Dusun Gondangrejo, Gari,Wonosari setiap musim kemarau memaksa warga untuk bekerja keras mencari sumber air.
 
Kemarin puluhan warga dusun itu bergotong-royong membuka sebuah lubang mulut Gua Sumurup. Gua itu diduga menyimpan mata air. Posisi sebuah lubang dengan diameter 40 cm dan panjang sekitar 1,5 meter tersebut terus dicangkul warga. Warga percaya gua itu pernah menjadi tempat pertapaan Jaka Tingkir. 
 
” Kita lama mengamati surutnya air sungai yang bermuara di lubang itu. Jadi, kami berupaya memperbesar lubang.Kami yakin ini adalah mulut gua. Harapan kami, kita bisa menikmati sumber air,” kata Marno, warga setempat. Aliran sungai di kampung tersebut jarang sekali menggenang. Setelah diamati,ternyata air selalu tersedot ke lubang tersebut. ”Beberapa warga sempat memasukkan badan bagian atas dan membawa penerangan senter, ternyata ada sebuah ruangan lapang di sisi bawah. Ini kemungkinan cerita mengenai gua Sumurup yang hanya menjadi mitos di dusun kami,” ungkap Marno. 
 
Warga berharap aliran sungai yang tersedot tersebut merupakan gua yang menyimpan sumber air. ”Apalagi, kadang terdengar suara gemericik air di dalam gua tersebut,” ucapnya. Upaya penggalian dengan alat seadanya tersebut belum bisa membuahkan hasil maksimal. Warga mengaku akan terus melakukan penggalian dengan harapan mulut gua bisa terbuka lebar dan bisa dimasuki semua warga. Marno berharap, setelah mulut gua berhasil digali, gua tersebut nanti bisa jadi objek wisata baru di daerahnya. suharjono


Post Date : 29 November 2012