Cakupan Layanan Diperluas

Sumber:Kompas - 09 Januari 2009
Kategori:Air Minum

Palembang, Kompas - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi akan memperluas cakupan pelayanan air bersih bagi warga Kota Palembang. Selama tahun 2008, PDAM sudah menjangkau sebanyak 78 persen wilayah pelayanan atau setara dengan 129.000 sambungan langsung ke rumah tangga.

Demikian disampaikan Direktur Utama PDAM Tirta Musi Syaiful Dea dalam kegiatan ”Penandatanganan Komitmen Bersama Kinerja 2009 antara Pemerintah dan Direksi-Karyawan” di Palembang, Kamis (8/1).

”Target awal, akhir tahun 2008 ini sebanyak 80 persen wilayah sudah terlayani air bersih. Namun, kita optimistis target 80 persen akan tercapai selama triwulan 2009 ini,” katanya.

Selain itu, PDAM Tirta Musi siap mendukung program pemerintah pusat menambah 10 juta pelanggan air bersih yang baru. Untuk itu, PDAM Tirta Musi sudah memasang target sebanyak 63.0000 sambungan baru selama tahun 2009-2013.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, PDAM Tirta Musi sudah berencana mengembangkan jaringan di Alang-alang Lebar, Sukarame, dan Gandus pada awal tahun ini. Pemasangannya diawali dengan membangun pipa transmisi dan distribusi.

”Program ini butuh dana Rp 100 miliar. Sebanyak Rp 32 miliar bersumber dari APBN, sementara sisanya dari PDAM Tirta Musi,” katanya.

Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra menambahkan, PDAM Tirta telah berubah wajah dari yang terburuk menjadi yang terbaik di Indonesia. Saat ini PDAM Tirta Musi dinobatkan sebagai PDAM nomor satu dalam hal pelayanan jaringan bagi penduduk di wilayah kota metropolitan. (ONI)



Post Date : 09 Januari 2009