Butuh 7 Waduk untuk Atasi Banjir Bandung Selatan

Sumber:Suara Pembaruan - 26 April 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

[BANDUNG] Banjir yang kerap terjadi di daerah Bandung Selatan, Jawa Barat (Jabar) bisa diatasi. Salah satu solusinya dengan membangun tujuh buah waduk di daerah aliran Sungai Citarum.

"Untuk menampung tingginya debit air Citarum di musim hujan," ujar Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jabar Iding Srihadi kepada wartawan di Bandung, Jumat (25/4).

Tujuh waduk yang perlu dibangun, kata Iding, adalah Waduk Cisangkuy, Citarik, Citarum Hulu, Cicadas, dan Waduk Cigede. Tingginya debit air tidak jarang membuat air Sungai Citarum meluap dan merendam sebagian wilayah Bandung selatan seperti Dayeuhkolot, Banjaran, Bojongsoang, Baleendah, dan Majalaya.

Menurut Iding, alih fungsi lahan di sekitar daerah aliran sungai Citarum juga menjadi penyebab banjir. Terkait pembangunan tujuh waduk tersebut, dia memaparkan, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 700 miliar. Rencana pembangunan waduk ini sendiri sudah ada dalam agenda program 12 tahunan Bank Pembangunan Asia.

Sekarang ini, ungkap Iding, untuk membangun waduk tersebut masih terkendala oleh lahan. Pihaknya masih berupaya melakukan pembebasan lahan. Sebagai catatan, untuk pembuatan sebuah waduk kecil diperlukan area sekitar 5 hektare.

Dinas PSDA Jabar berencana untuk memangkas Curug Jompong, yang ditenggarai sebagai penyebab lain dari banjir. Rencana ini, sambungnya, sudah mendapat dukungan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Masalahnya, apabila Curug tersebut dipangkas dapat mengganggu kegiatan operasional dari Waduk Saguling. [153]



Post Date : 26 April 2008