Bupati Resmikan Kran Air Siap Minum

Sumber:Koran Sindo - 16 April 2009
Kategori:Air Minum

CIANJUR (SI) – Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh meresmikan kran air siap minum untuk rakyat (KSMR) yang disediakan PDAM Tirta Mukti Cianjur di Jalan Siliwangi kemarin.

Saat ini,PDAM Tirta Mukti Cianjur baru membangun KSMR di dua titik, tapi ke depan akan dibangun di 700 titik. Tjetjep mengatakan, masyarakat sangat membutuhkan KSMR.” Dengan adanya kran air siap minum ini, masyarakat terutama para pejalan kaki yang kebetulan sedang melintas bisa langsung meminumnya,” ujarnya.

Menurut dia,saat ini KSMR baru dibangun di dua titik di pusat Cianjur kota. Menurut Direktur PDAM Tirta Mukti Cianjur Yudi Junadi, salah satu tujuan dibangunnya KSMR ini didasari niat baik agar masyarakat bisa menikmati air bersih. Sebab,hingga kini masih terdapat masyarakat yang belum dapat mengonsumsi air bersih. Proses di KSMR dilakukan melalui violetisasi yakni dengan memanfaatkan energi ultraviolet (UV) sinar matahari langsung.

”Air bisa langsung dikonsumsi masyarakat tanpa harus dimasak dulu,”ujarnya. Untuk membangun satu unit KSMR,menurut Yudi, diperlukan biaya sebesar Rp17–20 juta.Karena itu, agar masyarakat Cianjur bisa menikmati air bersih langsung minum dari KSMR, diperlukan juga komitmen dari Pemkab Cianjur.

”Tujuannya agar masyarakat Cianjur bisa menikmati air bersih siap minum,”tambahnya. Menurut dia, pihaknya tidak akan mengawasi khusus untuk menjaga keberadaan KSMR. Semuanya dikembalikan lagi pada perilaku konsumen. (ricky susan)



Post Date : 16 April 2009