Buletin Cipta Karya No.03/ Tahun VIII/ Maret 2010 PNPM Mandiri PISEW 2010 Merintis Kesuksesan 2009

Pengarang:Redaksi Buletin Cipta Karya
Penerbit:Jakarta, Ditjen Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Umum, Maret 2010, 32 hal
Tahun Terbit:Th. 2010
No. Klasifikasi:307.145 DEP p
Kata Kunci:Buletin, Cipta Karya-Departemen Pekerjaan Umum, infrastruktur, PNPM Mandiri PISEW 2010
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Kategori:Majalah

Kesuksesan tahun pelaksanaan PISEW di tahun 2009 dicoba diulang dan ditingkatkan dengan PISEW 2010. Untuk mengetahui secara jelas persiapan apa dan bagaimana bercermin dari sukses pelaksanaan 2009, redaksi mengulas PISEW menjadi Berita Utama Buletin Cipta Karya edisi Maret 2010 ini.
   
Tema lain yang tak bisa dikesampingkan diantaranya adalah sebuah kajian terhadap Kawasan Agropolitan Merapi – Merbabu (KAMM) dengan aspek tingkat kemandirian menjadi fokusnya. Seorang mahasiswa doktoral mempercayakan hasil kajiannya untuk dipublikasikan  dalam Buletin Cipta Karya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemandirian KAMM mempunyai nilai indeks gabungan yang cukup baik, yaitu 63,31% yang berarti masuk dalam kategori ”kawasan agropolitan” sekalipun belum mandiri. Untuk meningkatkan kemandirian KAMM perlu perbaikan terhadap dimensi agroindusri dan dimensi pemasaran. Alternatif kebijakan pembangunan di KAMM agar menjadi mandiri adalah pembangunan infrastruktur yang dapat menunjang agroindustri.
   
Tema lain adalah tentang Rehabilitasi Bangunan Gedung Negara. Tidak banyak orang tahu apa saja aspek bangunan gedung negara yang direhabilitasi, bagaimana, dan siapa yang melakukannya selama ini. Promosi Indonesia di ajang internasional World Urban Forum 5 di Rio de Janeiro menjadi oleh-oleh berharga bagi redaksi. Serta tentunya banyak artikel menarik lainnya. Selamat membaca!



Post Date : 05 Mei 2010