Buku Saku Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2010: Sub Bidang Perumahan dan Permukiman

Penerbit:Jakarta, Direktorat Permukiman dan Perumahan, Bappenas, 2010, iv + 54 hal
No. Klasifikasi:363.5 DIR b
Kata Kunci:buku saku, perumahan sebagai masalah sosial, pembangunan, RKP (Rencana Kerja Pemerintah) tahun 2010, perumahan & permukiman
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Kategori:Buku

Sebagai dokumen perencanaan pembangunan nasional, RKP (Rencana Kerja Pemerintah) memuat prioritas pembangunan, rancangan kerangka ekonomi makro serta program-program kementerian/ lembaga, lintas kementerian/ lembaga, dan lintas wilayah dalam bentuk: (i) kerangka regulasi, serta (ii) kerangka investasi pemerintah dan layanan umum.
   
RKP merupakan pedoman bagi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dimana kebijakan APBN ditetapkan secara bersama-sama oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Pemerintah. Dengan cakupan dan cara penetapan tersebut, RKP mempunyai fungsi pokok sebagai berikut, yaitu menjadi acuan bagi seluruh pelaku pembangunan, karena memuat seluruh kebijakan publik, menjadi pedoman dalam penyusunan APBN karena memuat arah kebijakan pembangunan nasional satu tahun, serta menciptakan kepastian kebijakan karena merupakan komitmen pemerintah.
   
RKP Tahun 2010 ini belum sepenuhnya menampung kegiatan dalam RKA-KL mengingat masih dalam proses penyusunan. Namun, RKP Tahun 2010 ini telah disesuaikan dengan hasil pembahasan dalam rapat kerja panitia anggaran DPR RI dengan pemerintah dalam rangka pembahasan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2010 dan pembicaraan pendahuluan penyusunan RAPBN TA 2010.

Daftar Isi:

Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Singkatan

BUKU 1
Bab 1. Pendahuluan
Bab 2. Tema dan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010
Bab 3. Kerangka Ekonomi Makro
Matriks Prioritas, Fokus Prioritas, dan Kegiatan Prioritas

BUKU 2
Bab 1. Kondisi Umum
Bab 2. Permasalahan dan Sasaran Tahun 2010
Bab 3. Arah Kebijakan Pembangunan Tahun 2010
Matriks Program Pembangunan



Post Date : 05 Mei 2010