Buku Panduan Implementasi 3R (Reuse Reduce - Recycle) Sampah Kota

Pengarang:-
Penerbit:Jakarta, Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Asisten Deputi Urusan Pengendalian Pencemaran Limbah Domestik dan Usaha Skala Kecil, 14 hal, 2007
Tahun Terbit:Th. 2007
No. Klasifikasi:363.728 KEM b
Kata Kunci:municipal waste (sampah kota)
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Direktorat Permukiman dan Perumahan, Bappenas
Kategori:Petunjuk

Sebagaimana kita maklumi bahwa munculnya sampah akan tetap ada selama masih ada kehidupan. Timbunan sampah akan terus meningkat tidak saja sejalan dengan dengan meningkatnya jumlah penduduk tapi juga meningkat sejalan dengan pola hidup masyarakat. Seemntara itu ketersediaan lahan untuk TPA makin sulit karena daya dukung lahan khususnya di perkotaan makin berkurang.

Oleh karena itu untuk mengurangi dampak dari pembuangan sampah tersebut maka perlu dilakukan upaya pengurangan pembuangan sampah. Upaya pengurangan tersebut dilakukan melalui program 3R (reuse, reduce, recycle). Buku ini berisi contoh kegiatan 3R di rumah tangga, di sekolah/ perkantoran/ fasilitas umum, dan di industri/ kegiatan komersil, cara membuang sampah, implementasi 3R pada skala komunal (RT/RW), pengomposan skala komunal dengan metode open windrow, serta alur pengolahan sampah di TPS Pasar dengan konsep 3R.



Post Date : 27 April 2007