Budaya Leluhur Untuk Pelestarian Sumber Air Serta Keselamatan Rakyat

Pengarang:Suparman
Penerbit:-
Kategori:Pengembangan Masyarakat
Referensi:Hari Air Dunia, 25 April 2006
Air bagi manusia di manapun berada sangat diperlukan guna mendukung kelangsungan hidupnya. Jadi manusia akan selalu memerlukan air yang merupakan kebutuhan dasar di samping kebutuhan dasar lainnya seperti pangan, dan ini bukanlah suatu kebudayaan, sedangkan bagaimana cara manusia mendapatkan air, melestarikan sumber air serta mengamankan diri dari ancaman yang ditimbulkan oleh air adalah merupakan kebudayaan.

Karena kebutuhan manusia akan air, maka sejak dari dahulu kala berbagai sumber air telah menjadi tempat yang diminati oleh banyak orang. Hal ini terbukti dari terbentuknya suatu kota yang dikarenakan adanya sumber air, sebagai contoh terbentuknya kota Makkah di Negara Arab yang sangat kering dikarenakan adanya satu mata air yang sangat besar yang dikenal dengan sumur zam-zam. Begitu pula kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Palembang dan lain-lain, semuanya terletak di dekat sungai yang merupakan sumber air yang besar.

Aktifitas manusia dalam pemanfaatan air dan sumber air kadang kala dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan atau mengganggu keseimbangan lingkungan secara alamiah, seperti penebangan pohon, pembangunan waduk, pengambilan bahan tambang golongan C, pencemaran oleh limbah industri.

Post Date : 21 Februari 2007