BLH Bentuk Kawasan Bebas Sampah

Sumber:Koran Sindo - 01 Juni 2009
Kategori:Sampah Luar Jakarta

PURWAKARTA (SI) – Badan  Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten  Purwakarta membidik sejumlah  ruas jalan sebagai kawasan  bebas sampah. Jalan tersebut  di antaranya Jalan Ganda Negara,  RE Martadinata, dan Sudirman. 

Dalam membebaskan kawasan  itu, BLH menggandeng pelajar,  mahasiswa, dan TNI/Polri untuk  melaksanakan gerakan “Cinta  Bersih”.  Kepala BLH Purwakarta Dwi  Sutrisno mengatakan, program  Cinta Bersih dilandasi rendahnya  kesadaran masyarakat dalam  menjaga kebersihan di lingkungannya  masing-masing. Dengan  keterlibatan pelajar, mahasiswa,  dan TNI/Polri, diharapkan dapat  menggugah kepedulian warga.  Sebagai tahap pertama beberapa  jalan protokol dijadikan pilot  project kawasan bebas sampah. 

“Sengaja kami libatkan mereka  untuk menjadi suri teladan. Setidaknya  dengan gerakan ini kesadaran  masyarakat ikut terdongkrak  guna bersama-sama menjaga  lingkungan,”ujarnya,kemarin.  Menurutnya, untuk menyukseskan  gerakan tersebut, beberapa  pihak swasta pun ikut dilibatkan.  Bahkan dalam hal pengadaan  tong sampah, hampir semuanya  merupakan partisipasi mereka. 

Gerakan Cinta Bersih tentunya  menjadi program unggulan  dalam menciptakan lingkungan  yang bersih dan asri.  Dwi menjelaskan, secara intensif  gerakan itu terus dilaksanakan  sebagai langkah awal pada  pekan lalu, ratusan pelajar,mahasiswa,  TNI/Polri dilibatkan  dalam kegiatan memungut sampah  di sepanjang Jalan Ganda Negara,  RE Martadinata dan Sudirman. 

Kepala Cabang BNI Purwakarta  Himawan mengungkapkan,  perusahaannya dipastikan berpartisipasi  dalam pencanangan  gerakan Cinta Bersih. Satu di antaranya  dengan rencana penananam  5.000 bibit pohon Mahoni.  Lokasi penanaman sudah ditentukan  yakni seluas 12 hektare di  Desa Cicadas,Kecamatan Babakan  Cikao.  “Saat ini terjadi perubahan  cuaca sangat radikal.

Bisa dirasakan  sendiri di Purwakarta sekarang  terasa sangat panas.  Mungkin dengan upaya penanaman  pohon setidaknya bisa  memberikan kontribusi dalam  menjaga lingkungan hidup,”  ujarnya.  (asep supiandi) 



Post Date : 01 Juni 2009