Biar Lambat yang Penting Bersih

Sumber:Koran Tempo - 06 Mei 2009
Kategori:Air Minum

Biosand Filter merupakan alat pengolah air bersih yang sejak awal pengembangannya pada 1990 (oleh Profesor David Manz di University of Calgary, Kanada) dipandang sangat cocok untuk skala rumah tangga. Pengolahan air ini sangat sederhana, tak memerlukan perlakuan kimia dan alami.

Biosand Filter mengadaptasi teknik lawas filtrasi pasir lambat, yang sudah ada sejak seabad lalu. Seperti namanya, teknik ini mengandalkan lapisan pasir. Lapisan ini, jika dipadukan dengan aliran air yang lambat, bisa menciptakan sebuah lapisan baru yang disebut Lapisan Biologis atau Schmutzdecke.

Pada Lapisan Biologis biasanya bakteri, virus, dan parasit-parasit dalam air yang akan disaring bertabrakan dan melekat pada butiran pasir. Pada lapisan ini pula mereka membentuk zona kehidupan dalam sebuah populasi yang semakin padat.

Populasi mikroorganisme ini pada gilirannya menjadi bagian dari rantai makanan yang sangat aktif. Mereka hidup dengan mengkonsumsi organisme patogen dalam air kotor seiring dengan pergerakan mereka yang terperangkap di dalam dan pada permukaan butiran pasir.

Lapisan Biologis harus dijaga tetap hidup dan efektif agar fungsi filtrasi selebihnya yang terjadi di lapisan di bawahnya tinggal menghilangkan contaminant pembawa bau, rasa, dan kekeruhan. Caranya, aliran air harus konstan lambat (Dewa Alit menyebut 0,6-0,8 liter per menit). Aliran seperti ini menyediakan oksigen dan makanan untuk mikroorganisme-mikroorganisme.

Kalau aliran sampai mampat atau hilang, zona biologis bisa terpengaruh. Jika kondisi stagnan seperti itu terpelihara hingga beberapa jam, mikroorganisme akan mati.

Masalahnya, aliran yang lambat dengan pasokan air kotor yang dituang sedikit demi sedikit dianggap tidak praktis. Di sinilah lalu jasa redesain yang dilakukan Manz. Ia cuma membuat pipa drainase air hasil saringan naik 1-8 sentimeter di atas muka lapisan pasir, tapi efeknya bisa memastikan oksigen tetap menembus zona biologis meski pasokan air dihentikan.

Begitu pentingnya desain dan proporsi warisan Manz sehingga Andi tak mengenal model yang lain. "Ukuran dan struktur lapisan material tangki tidak bisa diubah karena ada rumus bakunya," katanya. NI LUH ARIE SL | WURAGIL | BIOSANDFILTER



Post Date : 06 Mei 2009