Berhasil Persingkat Jarak dan Waktu Masyarakat Dapat Air

Sumber:Media Indonesia - 12 Agustus 2009
Kategori:Air Minum

JAKARTA--MI: Danone Aqua, Rabu (12/8), mengumumkan peluncuran misi sosial program komunitas jangka panjang 1 L AQUA untuk 10 L Air Bersih atau yang dikenal dengan nama program lanjutan Satu untuk Sepuluh (SUS).

Untuk satu liter AQUA berlabel khusus SUS yang diminum konsumen akan berbentuk sepuluh liter air bersih yang akan dirasakan penduduk di daerah-daerah yang krisis air. "Setelah pada tahap pertama kami berhasil menyediakan akses terhadap 18 juta liter air bersih kepada 12 ribu lebih penduduk Nusa Tenggara Timur, kini kami melanjutkannya di tahap kedua," ujar Brand Director DANONE AQUA, Baskorohadi Sukatmo, di Jakarta, Rabu (12/8).

Program lanjutan SUS kini menargetkan lebih banyak penduduk untuk mendapatkan akses air bersih. Sebanyak 18.900 penduduk di Kecamatan Boking, Amanatun Utara, Toianas, dan Noebana di NTT kini menjadi target AQUA untuk turut bisa menikmati akses ke air bersih. "Salah satu indikatornya adalah jika sebelum program SUS, diperlukan 46 menit dan jarak 700 meter untuk memperoleh air, kini diperkirakan hanya membutuhkan 20 menit dan jarak 200 meter," tutur Sukatmo.

Implementasi program SUS di NTT dilaksanakan AQUA bermitra dengan lembaga swadaya masyarakat internasional, Action Contre la Faim. Sedangkan untuk pemeliharaannya serta dalam rangka kelanjutan pemberdayaan kapasitas masyarakat lokal, AQUA bekerja sama dengan LSM lokal, yakni YASNA dan pemerintah daerah setempat.

Communication Officer Action Contre la Faim, Rama Furry, menyatakan bahwa terdapat tiga kunci utama yang menentukan keberhasilan program tersebut. "Pertama, perbaikan akses sehingga jumlah air lebih baik serta jarak dan waktu mendapatkan air yang lebih singkat. Kedua, meningkatnya kesadaran terbiasa hidup bersih dan sehat. Dan ketiga, aplikasi yang tepat untuk memastukan keberlangsungan program," ujar Furry. (*/OL-04)



Post Date : 12 Agustus 2009