Bergerak Mewujudkan Sanitasi (Kabupaten Jayapura – Slick Report)

Pengarang:Tim ESP (Foort Bustraan, dkk)
Penerbit:Jakarta, ESP USAID – Pokja Sanitasi Kabupaten Jayapura, 2009, 40 hal
No. Klasifikasi:363.7 BUS b
Kata Kunci:sanitasi - pembangunan, kabupaten Jayapura
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113, Perpustakaan ESP
Kategori:Buku

Kabupaten Jayapura memiliki topografi berbukit, daratan dan lautan. Topografi yang beragam ini menjadi keunikan dan daya tarik kabupaten Jayapura yang akhirnya menarik pengunjung untuk datang berkunjung dan tinggal di kabupaten Jayapura. Dinamika ini menyebabkan aktivitas kota yang sangat tinggi dan cepat berkembang. Pembangunan kota yng tidak terintegrasi dengan kawasan sekitarnya didukung dengan ketidak tersediaanya sarana dan prasarana menimbulkan permasalahan yang kompleks seperti masalah kesehatan lingkungan, pencemaran, penyediaan air minum dan sebagainya.
   
Rencana Strategi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Kabupaten Jayapura 2009-2014 telah selesai disusun oleh Pokja AMPL dan akan menjadi acuan bagi pembangunan AMPL di kabupaten Jayapura. Saat ini pelayanan Air Minum sudah mencapai 80% dimana 20% merupakan pelayanan PDAM dan 60% lainnya dilayani oleh sistem air minum yang dikelola oleh swasta dan masyarakat, sehingga masih tersisa 20% masyarakat yang belum terlayani air minum. Terkait dengan bidang sanitasi, saat ini pemerintah kota sedang melakukan pembenahan dengan melakukan perubahan perilaku kepada masyarakat khususnya di bidang persampahan dengan membentuk lokasi-lokasi percontohan dimana masyarakat mulai mengelola sampah dari sumbernya. Untuk program air limbah rumah tangga, akan dibangun sarana septic tank komunal yang menjadi pengganti jamban dengan cubluk dengan prioritas pada lokasi bantaran sungai dan pantai dan sekaligus mengalihkan penggunaan saluran drainase untuk saluran air hujan bukan saluran pembangunan limbah cair dan padat dari rumah tangga.
   
Gambaran kondisi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan di kabupaten Jayapura secara garis besar akan diuraikan dalam buku Profil Sanitasi Kabupaten Jayapura: Bergerak Mewujudkan Sanitasi ini.

Daftar Isi:

Bab 1. Gambaran Umum Kota Ambon
Kabupaten Berbukit dan Bersejarah Panjang

Bab 2. Kondisi Sanitasi Terkini di Kabupaten Jayapura
Warga Belum Terlayani Air Bersih, Kesehatan Warga Perlu Perhatian
Sanitasi Buruk, Wabah Penyakit Mengancam
Saluran Drainase Berusaha Menghilangkan Genangan
Rencanakan Program Pengelolaan Sampah
Prioritaskan Pembangunan MCK Komunal di Perumahan Kumuh
Air Bersih Berupaya Memperluas Jangkauan
Masih Ada Warga BAB di Kebun dan Sungai

Bab 3. Rencana Kedepan
Visi Misi Kabupaten Jayapura
Targetkan Seluruh Warga Terlayani Air Bersih
Penanganan Sampah Lewat Pemerintahan Distrik
Masyarakat Berperan Aktif

Bab 4. Masyarakat Berbicara dan Berupaya
Bantu Pemda, Ajari Warga Mengelola Sampah



Post Date : 29 Januari 2010