Bekasi Masih Terendam Banjir

Sumber:Pikiran Rakyat - 20 Februari 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

 

BEKASI, (PR).- Jumlah daerah yang terendam banjir di Kab. Bekasi hingga Selasa (19/2) kemarin, mencapai enam kecamatan, yakni, Kec. Cabang Bungin, Kec. Muara Gembong, Kec. Tarumajaya, Kec. Pebayuran, Kec. Babelan, dan Kec. Sukatani. Sementara dua kecamatan lainnya, yakni di Kec. Tambun Utara dan Srimukti Senin (18/2) malam lalu, disapu angin puting beliung,

Menurut Bupati Bekasi Sa`duddin, jumlah kerugian baru diketahui setelah tim yang turun ke lapangan melaporkannya. "Sekarang masih di lapangan dan menginventarisasi jumlah kerugian warga," katanya, seusai acara pelantikan DPD KNPI Kab. Bekasi, Selasa (19/2).TerisolasiSementara itu, banjir juga merendam tiga kampung di Desa Karang Segar, Kec. Pebayuran, Kab. Bekasi, di antaranya Kampung Segara, Kampung Kura-kura, dan Kampung Pisang Batu. Bahkan, akibat banjir, warga terisolasi di kediamannya.

Pasalnya, satu-satunya akses jalan menuju ke tiga kampung tersebut terputus karena terendam air dengan ketinggian hingga 50 sentimeter.Menurut warga, banjir tersebut diakibatkan letak dataran ketiga kampung tersebut yang lebih rendah daripada Kali Kiwing yang melintasinya. Dengan demikian, ketika hujan deras dan air kali meluap akan merendam tiga kampung itu. Untuk sementara, warga terpaksa menggunakan perahu untuk menyebrang dengan ongkos Rp 5.000,00.

Warga enggan mengungsi karena menganggap peristiwa banjir itu sebagai hal yang biasa. Jumlah rumah yang terendam mencapai 236.Sedangkan, di wilayah Kec. Babelan, banjir merendam dua desa, yakni Desa Muara Bakti dan Desa Hurip Jaya. Di enam kampung di Desa Hurip Jaya air dengan ketinggian sekitar satu meter masih belum surut. Hal itu disebabkan luapan kali CBL (Cikarang Bekasi Laut).Selain banjir, di Kec. Tambun Utara dan Srimukti dihantam angin puting beliung. Sekitar 20 rumah di Kec. Tambun Utara dan 53 rumah di Kec. Srimukti disapu angin. Atas kejadian tersebut, Pemkab Bekasi akan menanggung sepenuhnya kerugian warga dengan mengganti genteng yang habis disapu angin. (A-153) 



Post Date : 20 Februari 2008