Beberapa Faktor Terjadinya Kehilangan Air

Sumber:Tabloid Flows - 13 September 2005
Kategori:Air Minum
Tingkat kehilangan Air PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor saat ini masih relatif cukup tinggi berkisar 30%. Berdasarkan hasil penelitian factor factor penyebab kehilangan air PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor ini adalah kebocoran fisik diantaranya, akurasi meter induk, , akurasi meter pelanggan, kesalahan pembacaan meter dan lain sebagainya.

Kebocoran fisik banyak terjadi dikarenakan adanya pipa keropos (secara umur teknis sudah melewati 20 tahun) dan juga akibat adanya penggalian jalan yang dilakukan oleh instansi lain, seperti galian Telkom, PLN, maupun Gas. Kendala yang dihadapi, dengan padatnya lalu lintas, terpaksa perbaikan pipa dilakukan malam hari. Untuk itu, sudah waktunya dijalin koordinasi antar instansi.

Selain itu, kehilangan air juga disebabkan pencurian air dari pipa dinas karena meter air diputus akibat menunggak tagihan air selama 3 bulan. Sanksi atas pencurian air adalah penyegelan langsung dari pipa distribusi, yang sebelumnya disegel dari pipa dinas dan denda uang sebesar 10 kali tagihan tertinggi dan biaya pemasangan baru untuk menjadi pelanggan kembali. Lantas, bagaimana dengan anda sebagai pelanggan air minum PDAM Tirta Pakuan ?

Post Date : 13 September 2005