Baru 80 Persen Sampah Kota Dibuang ke TPA

Sumber:Suara Merdeka - 14 Juni 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
SALATIGA- Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Kota Salatiga, hingga kini belum mampu membuang produksi sampah kota ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Dukuh Ngronggo, Kumpulrejo, Argomulyo. Pasalnya, dari produksi sekitar 90 ton/hari, petugas hanya mampu mengangkut 80%-nya.

''Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa petugas kami hanya mampu mengangkut sekitar 80% dari produksi sampah selama ini,'' kata kepala DPLH Drs Ady Suprapto MSi, kemarin.

Faktor tersebut, kata Ady, antara lain kesadaran masyarakat dalam membuang sampah di tempat pembuangan sementara (TPS) masih kurang.

Padahal, TPS sudah ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau. ''Kami sering melihat warga membuang sampah seenaknya dengan cara dilempar. Padahal, sampah yang dilempar belum tentu masuk ke dalam bak. Akibatnya, di sekitar TPS sering terdapat sampah berserakan,'' ujar dia.

Namun demikian, petugas dalam waktu tertentu selalu mengambili sampah-sampah yang berada di dalam TPS maupun di luar untuk dibuang ke TPA Ngronggo.

Pembuangan dilakukan setiap pagi dan sore. ''Tenaga kami terbatas, jadi tidak bisa setiap jam harus mengambili sampah. Kalau pada hari ini misalnya ada sampah yang belum terangkut, ya pasti diambil keesokan harinya,'' lanjut Ady.

Selain itu, hingga kini pihaknya baru mempunyai tenaga kebersihan sekitar 190 orang. Mereka menyapu di jalan umum dan membersihkan sampah dari pasar dan mengangkutnya ke TPA. Dengan jumlah itu, praktis tak semua produk sampah bisa dibuang ke TPA.

Jumlah angkutan yang ada baru 12 unit arm roll, empat dump truck, dan buldoser dan ekskavator masing-masing satu. Peralatan berat tersebut selama ini ditempatkan di TPA Ngronggo. (J12-37)



Post Date : 14 Juni 2007