|
PALEMBANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang mencatat, baru 45% pelanggan yang sudah menikmati air bersih 24 jam penuh. Wali Kota Palembang H Eddy Santana Putra berharap target pelanggan untuk layanan tersebut dapat ditingkatkan. “Artinya,komitmen PDAM diuji di sini.Untuk 2012 ini,kita harapkan pelayanan air bersih 24 jam bisa meningkat 10% terus ke arah 60%,”ungkap Eddy usai menghadiri acara Penandatanganan Komitmen Bersama antara Wali Kota Palembang dan Direksi PDAM Tirta Musi Palembang 2012 kemarin. Eddy menyatakan, PDAM sudah melakukan upayanya untuk meningkatkan pelayanan air bersih ke pelanggan. Hal ini terlihat, dalam kurun waktu 4 tahun terakhir PDAM bisa menambah jumlah pelanggan hingga 58.798 sambungan. Bahkan, selama 2011, jumlah pelanggansudahbertambah20.341. Itu artinya, cakupan pelayanan PDAM Tirta Musi ini sudah sampai 93,1% dari total jumlah penduduk Kota Palembang. “Kita memang konsentrasikan pelayanan 24 jam. Kalau tadi ada usulan untuk pelayanan air langsung minum, saya kira belum siap,karena banyak hal teknis seperti pipa yang harus diperhatikan.Akan kita pelajari dulu,”tukasnya. Sementara untuk penekanan angka kebocoran,Eddy menilai, PDAM Tirta Musi sudah cukup berhasil pada 2011,meski hanya mampu menekan kebocoran dari 34% menjadi 30%. Dengan prestasi ini, banyak anggaran yang dapat dihemat. “Kita nilai ini prestasi yang cukup baik,makanya kita berikan bonus tiga bulan gaji langsung (kepada karyawan PDAM). Sebab, PDAM mampu menghemat lebih dari Rp1,2 miliar jika dikalkulasi dengan kerugian per bulan Rp400 juta. Belum lagi adanya over-target yang mencapai 44,2%,”ujarnya. Direktur Teknik PDAM Tirta Musi Stephanus menyebutkan, sejauh ini pihaknya masih terkendala untuk meningkatkan pelayanan air bersih hingga 24 jam. “Sistemnya masih perlu dibenahi, khususnya tingkat kebocorannya.Kamiakanbenahi secara sistematis. Mudahmudahan tahun ini kita bisa tambah sekitar 10% dari total pelanggan untuk mendapatkan layanan air 24 jam,”katanya. Hingga saat ini, wilayah yang sudah 24 jam air bersih untuk Seberang Ilir di antaranya di Rambutan, Bukit Kecil, Ilir Barat II, Sako, Borang, Sebagian Ilir Barat I,sebagian Kalidoni dan Polygon. Sedangkan,untuk wilayah Seberang Ulu di antaranya di 15 Ulu,8 Ulu,5 Ulu Darat,Tegal Binangun, Silaberanti, Plaju Darat. “Yang belum 24 jam berada di kawasan Kertapati, Gandus dan Alang-alang Lebar. Untuk tahun ini, kita prioritaskan di Gandus, tepatnya di Karang Anyar,IB II,dan Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara,”sebutnya. Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang Syaiful DEA mengatakan, saat ini tingkat kehilangan air memang masih belum mencapai target 25%. Untuk mengurangi tingkat kehilangan air ini,PDAM akan menjalankan program-program seperti penanggulangan kebocoran fisik, penggantian pipa tua,penerapan manajemen tekanan, penggantian meteran air, kalibrasi meter induk, dan pemutusan pelanggan curang atau sambungan ilegal. “Tahun ini kita upayakan untuk terus menurunkan tingkat kehilangan air ini,sehingga bisa mencapai target 25%.Tahun ini juga,kita menargetkan 15.000 pelanggan baru. Dari jumlah itu, sekitar 4.000 pelanggan berasal dari masyarakat berpenghasilan rendah.Penambahan pelanggan itu juga salah satu upaya mewujudkan target 95% pelayanan air bersih,” ujarnya. yulia savitri Post Date : 03 Januari 2012 |