Bappenas Tak Menjanjikan Dana Bantuan Proyek

Sumber:Kompas - 21 Mei 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Proyek Bandung, Kompas - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas tidak menjanjikan bantuan berupa dana dalam proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah atau PLTS di kawasan primer Gedebage. Bantuan dimaksud lebih bersifat fasilitasi dan pendukung.

Pernyataan ini disampaikan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta menjawab pertanyaan wartawan seputar rencana proyek PLTS Gedebage, Sabtu (19/5) di sela-sela Pembukaan Temu Nasional Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal.

Paskah membantah telah menjanjikan bantuan dana untuk proyek PLTS ataupun pembuatan terminal terpadu kepada Pemerintah Kota Bandung. "Ini kan masih dalam kajian. Mengenai bantuannya, kami pemerintah pusat lebih bersifat dukungan," katanya.

Paskah tidak menyebut lebih rinci jenis dukungan yang dimaksud. "Kalau memang sangat diperlukan dan mendesak untuk kepentingan pertumbuhan ekonomi, maka itu (dukungan) tidak ada salahnya. Namun, kan tidak semuanya bisa diakomodasi dalam APBN. Bagaimanapun ini masih proses. Belum final," ujarnya.

Secara terpisah, Wali Kota Bandung Dada Rosada, Minggu, menjelaskan memang pemerintah pusat tidak pernah berjanji memberi bantuan dalam bentuk uang. Namun, mereka mendukung rencana pembangunan PLTS di Gedebage.

"Empat menteri sudah membantu sehingga izin akses jalan dari tol ke lokasi PLTS, keluar," kata Dada. Empat menteri yang dimaksud adalah Menteri Negera Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar, Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta, Menteri Negara Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman, dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto. Sarana olahraga

Dada menjelaskan, pembangunan PLTS murni didanai pengembang. Adapun sarana olahraga yang dibangun di dekat PLTS akan didanai Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Sarana olahraga ini diperkirakan menelan biaya Rp 350 miliar. (JON/MHF)



Post Date : 21 Mei 2007