Banyak Pembuangan Sampah Liar

Sumber:Suara Merdeka - 14 November 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
CILACAP- Kesadaran masyarakat Kota Cilacap terhadap kebersihan lingkungan masih memprihatinkan. Terbukti, di tepi beberapa ruas jalan di kota itu masih banyak ditemukan tempat pembuangan sampah liar.

Pusat Studi Kebijakan Lingkungan (Pusaka) yang selama ini melakukan pemantauan menemukan paling sedikit 17 titik tempat pembuangan sampah liar di tepi jalan. Tempat pembuangan sampah liar tersebut muncul dalam kurun waktu empat bulan terakhir.

Direktur Pusaka Cilacap Chabibul Barnabas kepada Suara Merdeka kemarin mengatakan, pihaknya sangat prihatin karena tempat pembuangan sampah liar justru muncul di tepi jalan raya. Masyarakat tampak sudah terbiasa membuang sampah di tempat tersebut.

Seperti terlihat di ruas Jalan MT Haryono. Di ruas jalan itu terdapat beberapa titik lokasi pembuangan sampah liar. Jarak antara titik yang satu ke titik lain sangat berdekatan. Padahal di lokasi itu sudah terpampang papan peringatan bertuliskan ''Dilarang Membuang Sampah di Sini''. Papan peringatan tersebut dipasang pihak PT Pertamina (Persero) UP IV Cilacap.

Tempat pembuangan sampah liar juga ditemukan di tepi jalan menuju Dermaga Wijayapura. Sampah yang dibuang ke lokasi itu sudah menggunung. Bahkan ada yang berserakan hingga ke tepi jalan.

''Kami juga menemukan tumpukan sampah di jalan menuju ke objek wisata Pantai Teluk Penyu. Sampah itu menumpuk karena selama ini dibiarkan menjadi tempat pembuangan sampah liar. Kenyataan itu harus segera ditangani. Sebab kalau tidak, keberadaan sampah-sampah tadi akan mengganggu kenyamanan wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata tersebut.''

Menurut dia, munculnya tempat pembuangan sampah liar di tepi jalan menjadi indikator bahwa kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan.

Selain itu, munculnya tempat pembuangan sampah liar di dalam kota juga dapat disebabkan masih minimnya tempat pembuangan sampah sementara. Karena itu, Pemkab setempat perlu segera menambah stasiun transfer untuk menampung sampah sebelum sampah-sampah itu diangkut ke TPA. (ag-55s)

Post Date : 14 November 2005