Bantul Mulai Krisis Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 03 Agustus 2007
Kategori:Air Minum
BANTUL (SINDO) Beberapa wilayah di Kab Bantul mulai kekurangan air bersih. Seperti di Dusun Siluk, Desa Selopamiro, Kec Imogiri, sejak satu bulan terakhir warga terpaksa harus mengantre air lantaran sumber mata air yang menyuplai air ke tiga penampungan air di dusun mereka mulai berkurang.

Selain itu pemerintah juga sama sekali belum menyalurkan air. Kami minta pemerintah segera turun tangan, terang Tukijo,warga setempat. Kondisi sama terjadi di Dusun Terong II, Desa Terong, Kec Dlingo. Musim kemarau ini beberapa warga Terong terpaksa harus membeli air dari pihak swasta. Seperti yang dilakukan oleh Ny Sumarmi, setiap satu setengah pekan sekali dia harus mengeluarkan uang Rp75 ribu untuk membeli 5.000 liter air bersih.

Sebagai bak penampungan warga Terong membuat bak darurat menggunakan plastik terpal Bupati Bantul Idham Samawi mengungkapkan, dalam waktu dekat ini Pemkab akan membeli lima buah truk tranki air. Tiga buah truk tangki yang saat ini sudah dimiliki oleh Pemkab, dirasa belum mampu mengatasi pendistribusian air ke seluruh Kab Bantul.Anggarannya akan kita masukkan dalam perubahan APBD 2007 ini. Setiap tanki kita alokasikan anggaran Rp350 juta,terang Idham.

Pejabat Direktur PDAM Kabupaten Bantul Sukardiyono mengungkapkan, selain penambahan armada, pihaknya juga akan melakukan pencarian sumber mata air baru. Saat ini PDAM mengandeng sebuah perguruan tinggi di Yogyakarta untuk mencari sumber mata air di Desa Muntuk Kec Dlingo. (ainun najib)



Post Date : 03 Agustus 2007