Bantuan Air Bersih Dihentikan Sementara

Sumber:Suara Merdeka - 05 September 2008
Kategori:Air Minum

GROBOGAN- Penyaluran bantuan air bersih bagi desa-desa rawan kekeringan dihentikan untuk sementara. Penghentian ini dengan pertimbangan telah datang hujan meski baru sesekali. Penyaluran bantuan tersebut selama ini dilakukan Pemkab melalui Bagian Sosial bekerja sama dengan PDAM Purwodadi.

Kabag Sosial Nursahid melalui Kasubag Kesejahteraan dan Kesehatan Gintono Bejo mengatakan, penghentian bantuan air direncanakan hanya sepekan. ‘’Terhitung mulai Senin kemarin hingga nanti hari Minggu. Seterusnya akan kami lihat kondisi hujan yang turun. Kalau, volumenya tinggi dan terus menerus tentunya akan dipikirkan untuk dihentikan sama sekali,’’ ujar Gintono.

Namun penghentian total distribusi air belum bisa diputuskan saat ini. Sebab, apabila kondisi cuaca normal, hujan deras baru akan turun pada pertengahan Oktober.

Paruh waktu antara September ñ Oktober ini masih ada kemungkinan suatu daerah membutuhkan bantuan. Menurut Gintono sejak bantuan disalurkan Agustus lalu, permintaan dari ratusan desa telah dipenuhi. Jumlahnya mencapai 109 tempat tersebar di belasan kecamatan.

Dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan terdapat empat kecamatan yang selama ini aman, tidak membutuhkan bantuan. Yakni, Kecamatan Gubug, Klambu, Godong dan Tegowanu.

Sementara sisanya, 15 kecamatan hampir tiap tahun butuh bantuan karena tidak memiliki cadangan air bersih. Di antaranya, seperti Tawangharjo, Brati, Wirosari, Geyer, Pulokulon, dan Gabus, letaknya berada di kaki pegunungan kapur.

Tetap Disiapkan

Kendati dihentikan, menurut Gintono, armada pengangkut air bersih tetap disiapkan. Mereka bisa saja langsung diminta menyalurkan air bersih seandainya ada desa yang membutuhkan mendadak.

Armada itu, berkapasitas 4000 liter air untuk sekali angkut. Guna menangani masalah kekeringan, disediakan anggaran sebesar Rp 400 juta tahun ini. Anggaran tersebut dipergunakan memenuhi penyediaan bantuan ratusan ribu liter air ke desa-desa.

Adi (35) warga Kunden Wirosari mengatakan, tidak ada masalah bantuan dihentikan ketika hujan mulai turun. Namun diingatkan saat ini belum memasuki musim hujan sehingga kemungkinan masih ada daerah yang membutuhkan bantuan. (H41-16)



Post Date : 05 September 2008