Bank Sampah Harus Direvitalisasi

Sumber:Pikiran Rakyat - 13 Januari 2011
Kategori:Sampah Luar Jakarta

CIMAHI, (PR).- Untuk mengurangi timbunan sampah di Kota Cimahi, pemkot akan menerapkan konsep revitalisasi bank sampah. Ala- sannya, keberadaan bank sampah selain dapat berfungsi sebagai tempat pemilahan sampah organik dan sampah nonorganik, juga sebagai salah satu sumber pendapatan bagi pengelola bank sampah.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Fisik pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Cimahi Hery Antasari, Rabu (12/1). Meski demikian, secara teknis, pihaknya masih menunggu laporan perincian kegiatan mengenai bank sampah dari dinas terkait.

"Konsep bank sampah akan kami lakukan pada 2011 ini dengan harapan adanya perubahan pola pikir masyarakat mengenai pengolahan dan pengelolaan sampah, selain keberadaan bank sampah itu bertujuan mengurangi timbunan sampah," kata Hery. Perubahan pola pikir masyarakat itu, kata Hery, sampah tidak lagi dianggap sebagai musuh, tetapi sebagai salah satu sumber penghasilan apabila dapat dikelola dengan baik.

Pengolahan tersebut dapat dilakukan dengan cara daur ulang menjadi bahan yang bernilai ekonomis. Selain itu, juga dapat digunakan untuk pengomposan.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Penyehatan Lingkungan dan Kebersihan Kota Cimahi Suyani, beberapa waktu lalu. Ia menuturkan, untuk menghindari persoalan penumpukan sampah di Kota Cimahi, pada tahun 2011 ini Pemkot Cimahi akan membangun empat bank sampah di area permukiman di Kota Cimahi. Bank sampah itu merupakan salah satu alternatif pengolahan sampah rumah tangga yang diharapkan selain dapat mengurangi sampah di tempat pembuangan sementara, juga akan menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat. (A-198)



Post Date : 13 Januari 2011