Banjir Tiga Meter Rendam Ratusan Rumah di Kubu Raya

Sumber:Media Tanah Air - 28 Oktober 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

Banjir setinggi tiga meter merendam ratusan rumah di Desa Retok dan Kubu Padi, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (28/10).

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, namun banjir yang terjadi sejak sepekan lalu itu menyebabkan kedua desa tersisolasi.

Berdasarkan catatan pemerintah kecamatan setempat, jumlah rumah yang terendam mencapai 800 unit. Terdiri dari 700 rumah di Kubu Padi yang dihuni sekitar 4.000 jiwa dan 100 rumah di Desa Retok yang menjadi tempat tingga sekitar 1.000 jiwa.

Selain itu, banjir juga merendam sejumlah fasilitas pendidikan dan kesehatan serta jalan utama desa sehingga melumpuhkan aktivitas warga.

Kepala Dinas Sosial Kalbar Kadir Ubbe menyatakan penanggulangan banjir akibat hujan deras dan pasang laut itu sejauh ini masih dapat ditangani pemerintah kabupaten setempat. Namun, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah bantuan yang siap dikirimkan ke lokasi banjir.

Bantuan itu, antara lain berupa bahan makanan, tenda pengungsian dan berbagai peralatan serta sarana pengevakuasian lainnya.

"Saya sudah mengunjungi lokasi banjir di Desa Retok. Tadinya setelah itu ingin dilanjutkan ke Kubu Padi, tapi batal karena lokasinya jauh dan sulit dijangkau. Seusai kunjungan tersebut kami langsung menyiapkan pendistribusian bantuan," kata Kadir, Selasa (28/10).

Selain di Kuala Mandor B, banjir sepekan terakhir juga melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Pontianak, Landak, Bengkayang dan Kota Singkawang. Puluhan kepala keluarga mengungsi akibat banjir setinggi satu hingga dua meter tersebut.

Namun, kini ketinggian air mulai surut sehingga warga mulai kembali dari pengungsian dan beraktivitas seperti biasa. "Berdasarkan laporan yang kami terima, banjir juga terjadi di beberapa
daerah lainnya. Namun, sepertinya yang terparah itu di Kubu Padi dan Retok," ujar Kadir. (AR/OL-01)



Post Date : 28 Oktober 2008