Banjir Terjang Empat Desa di Ciomas

Sumber:Koran Sindo - 09 April 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

BOGOR (SINDO) – Sedikitnya 60 rumah di empat desa di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor rusak diterjang banjir bandang, Senin (7/4) malam.

Keempat desa yang diterjang banjir akibat luapan air Sungai Sindang Barang tersebut adalah Parakan, Ciomas,Mekar Jaya,dan Parakan Jaya.Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Dari 60 rumah yang rusak tersebut, 20 rumah rusak berat dan 40 rumah rusak ringan.

Sementara enam rumah tercatat hilang terseret banjir. Selain itu,tujuh jembatan dan dua rumah ibadah hancur. Kerusakan paling parah terjadi di Kampung Duren dan Sinar Mulya, Desa Ciomas. Sedikitnya enam rumah terbawa hanyut dan dua jembatan, yang menjadi jalan penghubung antara Kampung Duren dan Kampung Sinar Mulaya terputus.

Informasi yang diperoleh menyebutkan banjir bandang itu terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. ”Banjir bandang tersebut terjadi dengan cepat dan tibatiba karena hujan deras yang turun sore harinya. Hujan deras tersebut mengakibatkan aliran Sungai Sindang Barang terus membesar dan meluap,” tutur Muhidin,48,warga Kampung Sinarmulya RT 03/04. Ny Isah, 53, seorang warga yang rumahnya hilang terbawa arus sungai, mengaku banjir bandang tersebut sudah diperkirakan saat hujan deras mulai mengguyur wilayah Bogor.

”Saat hujan turun,saya lihat Sungai Sindang Barang mulai meluap.Karena punya perasaan buruk, semua keluarga langsung mengungsi ke rumah tetangga,”ujar Isah. Camat Ciomas Rudi Gunawan menjelaskan banjir bandang tersebutmerendamlebih dari 60 rumah warga.

”Berdasarkan pendataan sementara, 88 kepala keluarga menjadi korban bencana banjir tersebut,” jelasnya.Saat ini pihak kecamatan juga mengimbau para warga di sekitar bantaran sungai mengungsi ke rumah tetangga atau keluarga yang letaknya dinilai aman. Untuk bantuan,menurutRudi, pihaknya telah mengirimkan sembako dan beras 950 kg. (haryudi)  



Post Date : 09 April 2008