Banjir, Ratusan Warga Mengungsi

Sumber:Indopos - 17 Desember 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
BIREUEN - Setelah menenggelamkan sejumlah kabupaten, kemarin (16/12) banjir mulai merendam empat kecamatan di Kabupaten Bireuen. Ratusan kepala keluarga yang rumahnya terendam mengungsi ke tempat-tempat darurat atau rumah famili mereka.

Pantauan Rakyat Aceh (Grup Jawa Pos), wilayah terparah yang dilanda banjir adalah Desa Leubu Mee, Leubu Cot, Leubu Kuta Barat, Leubu Cot Kruet, dan Tringgadeng, Kecamatan Makmur. Ketinggian air yang mencapai 1,5 meter telah merendam puluhan rumah warga serta 70 hektare sawah.

Air bah menerjang permukiman penduduk sekitar pukul 01.00. Saat itu juga, ratusan warga terpaksa mengungsi ke rumah famili mereka. Mereka menggiring ternak di tengah hujan ke arah perbukitan.

Banjir tersebut disebabkan hujan deras yang mengguyur daerah itu selama beberapa hari sehingga Sungai Krueng Leubu meluap. "Saat air naik, sebagian besar warga tengah terlelap. Kami mendengar suara gemuruh air yang kian besar," kata Keuchik (kepala) Desa Leubu Mee M. Amin Ali.

Menurut Amin, warga yang terjaga segera menyelamatkan barang-barang dari genangan air bah. Namun, tak semua harta bisa dibawa. Banyak yang terendam dan ikut terseret banjir.(bah/jpnn/ib)



Post Date : 17 Desember 2007