Banjir, Puluhan Rumah Terendam

Sumber:Surya Pos - 12 April 2010
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

Tulungagung - Surya- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tulungagung pada Sabtu (10/4) malam, mengakibatkan banjir bandang di Desa Demuk, Kecamatan Pucang Laban. Kondisi paling parah terjadi di Dusun Kasrepan, ketinggian air sejak Minggu (11/4) dini hari mencapai sekitar dua meter.

Menurut salah satu warga setempat, Miftahul Huda, 35 banjir ini terjadi akibat kondisi geografis Desa Demuk yang berada di perbukitan, sementara sungai-sungai dari beberapa desa di sekitarnya bermuara di desa ini.

Sejak pukul 24.00 WIB, genangan air di Desa Demuk mulai naik, warga pun panik dan mulai menyelamatkan barang-barang mereka. Menjelang pagi, permukaan air terus naik, mencapai hampir 2 meter di beberapa titik. Sebanyak 50 kepala keluarga yang menghuni 50 rumah jadi terisolasi.

Belum sempat air surut, sore sekitar pukul 15.00 WIB hujan deras kembali mengguyur wilayah tersebut. Akibatnya, ketinggian air yang sempat turun hingga beberapa sentimeter, kembali naik sampai 1 meter.

Banjir bandang bukan yang pertama. Pada 2004 silam pernah terjadi, namun tidak separah saat ini. Genangan air hanya bertahan beberapa jam.

Plt Kabag Humas Achmad Pitoyo dikonfirmasi mengatakan, satlak sudah turun dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, untuk mengambil langkah pertolongan dan pencegahan korban. “Termasuk menyediakan bantuan obat-obatan, untuk warga,” katanya.nais



Post Date : 12 April 2010