Banjir Meluas ke Daerah

Sumber:Koran Tempo - 07 Februari 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
PANDEGLANG -- Setelah Jakarta, kemarin giliran sejumlah daerah di Pulau Jawa tertimpa musibah banjir dan tanah longsor. Sedikitnya 12 orang tewas dalam bencana tersebut dan lebih dari 47 ribu warga mengungsi.

Di Kabupaten Pandeglang, Banten, hujan deras yang turun sejak Senin sore lalu mengakibatkan longsornya sebuah tebing di Kampung Cungkedang, Kelurahan Kadu Merak. Longsor yang terjadi pada pukul 03.00 WIB ini menimpa empat rumah dan menewaskan enam orang.

Korban terbanyak ada di rumah Uki Sanukri. Empat anggota keluarga ini meninggal karena tertimbun tanah. Mereka adalah Encum Sumiati (istri), 40 tahun; Eneng Reni (anak), 30 tahun, yang sedang hamil lima bulan; Iyung (anak), 15 tahun; dan Hendra (cucu), 6 tahun.

Uki selamat setelah berhasil keluar dari timbunan tanah. "Saya hanya bisa menyelamatkan Wawan, anak saya," kata Uki, yang kaki kanannya patah tertimpa kayu atap rumah.

Dua anggota keluarga Tajudin juga meninggal tertimbun longsor, yakni Erlan, 12 tahun, dan Sofyan, 16 tahun.

Di Kabupaten Karawang, banjir menewaskan dua orang. Adapun banjir di Kabupaten Subang, yang menenggelamkan tujuh kecamatan, merenggut empat korban jiwa. Tiga di antaranya terseret arus. Satu lainnya terkena sengatan listrik. "Identitasnya belum kami ketahui," kata Maman Yudia, Wakil Bupati Subang, kemarin.

Banjir di Subang merendam lebih dari 26 ribu rumah, 4.000 hektare tambak, dan 16 ribu hektare sawah. Akibatnya, lebih dari 17 ribu orang mengungsi. Warga yang rumahnya kebanjiran mengungsi ke lokasi bangunan desa, masjid, dan sekolah yang luput dari genangan air.

Di Pamanukan, mayoritas pengungsi memilih mengungsi di bawah jembatan layang. Sekolah juga diliburkan.

Banjir juga mulai merendam kawasan di sekitar luapan lumpur Lapindo Brantas Inc. di Sidoarjo, Jawa Timur. Selain akibat derasnya hujan, genangan air disebabkan oleh tersumbatnya semua saluran irigasi di kawasan Porong dan sekitarnya.

Hampir seluruh kawasan di luar kolam penampungan lumpur mulai tergenang air hingga setengah meter. Bahkan, di beberapa kawasan, air yang membanjiri rumah dan sawah juga bercampur dengan lumpur yang meluber dari kolam-kolam penampungan.

Di Kediri, Jawa Timur, hujan mengakibatkan longsor di Dusun Simbarwangi dan Badut, Desa Jugo, Kecamatan Mojo. Meski tak ada korban jiwa, longsoran setinggi 2 meter ini mengakibatkan ratusan warga terisolasi karena jalan utama menuju dusun mereka terputus total. Dinding sejumlah rumah warga retak-retak.

Adapun hujan yang mengguyur Kabupaten Bogor mengakibatkan banjir dan longsor di 13 kecamatan. Akibat kejadian ini, diperkirakan 30 ribu jiwa mengungsi. Daerah yang paling parah terkena longsor adalah Desa Bojong Koneng dan Karang Tengah di Kecamatan Babakan Madang. Dari dua desa ini, sedikitnya 10 ribu orang mengungsi. FAIDIL AKBAR | NANANG SUTISNA | ROHMAN TAUFIQ | DWIDJO U. MAKSUM | DEFFAN PURNAMA



Post Date : 07 Februari 2007