Banjir Melanda Tiga Kecamatan di Banyumas

Sumber:Pikiran Rakyat - 05 Juni 2009
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

PUWOKERTO, (PR).- Ratusan rumah di tiga kecamatan --Purwokerto Selatan, Sokaraja, dan Kalibagor-- Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah sepanjang Rabu (3/6) malam hingga Kamis (4/6) dini hari terendam banjir. Jumlah rumah penduduk yang terendam banjir mencapai 375 unit. Ketinggian air sekitar 50 cm hingga 150 cm, bahkan di beberapa titik, air mencapai dua meter.

Hujan lebat mengguyur Purwokerto dan sekitarnya sejak Rabu (3/6) pukul 17.00 WIB menyebabkan Sungai Kalibener meluap dan membanjiri sejumlah kelurahan dan desa, yakni di Kelurahan Karangpucung, dan Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan. Banjir merendam 120 unit perumahan Karangpucung Permai Kelurahan Karangpucung.

Banjir juga terjadi di Kompleks Perumahan Griya Karang Asri, Desa Karangrau, Kecamatan Sokaraja. Di tempat ini, 80 rumah dari 150 unit rumah yang ada kebanjiran. Tidak ada korban namun sebagian penghuninya mengungsi ke masjid dan tetangga yang rumahnya tak kebanjiran.

``Arus air di luar sangat deras. Tembok keliling perumahan roboh diterjang air. Satu mobil Toyota Corolla Twin Cam dan lima sepeda motor warga terhanyut. Tidak ada laporan korban jiwa,`` kata Nur Raharjo warga Perum Karangpucung Permai.

Di Desa Kalibagor dan Pajerukan, Kecamatan Kalibagor ada satu keluarga yang terjebak banjir. Mereka tak berani keluar karena arus air di luar rumah sangat deras. Untuk mengevakuasi keluarga tersebut, tim SAR Brimob diterjunkan. Kamis (4/6), sekitar pukul 3.00 WIB, lima dari enam penghuni rumah bisa dievakuasi. Mereka yang terdiri atas anak-anak dan wanita. (A-99)



Post Date : 05 Juni 2009