Banjir Melanda Lima Kabupaten di Jateng

Sumber:Suara Pembaruan - 31 Januari 2009
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

[PURWOKERTO] Hujan deras yang turun sejak Kamis hingga Jumat (30/1) malam, membuat lima kabupaten di Jawa Tengah (Jateng), yaitu Cilacap, Banyumas, Kebumen, Brebes, dan Pemalang, dilanda banjir sampai Sabtu (31/1) pagi.

Di Cilacap, banjir terus meluas dan melanda puluhan desa yang merendam ratusan hektare (ha) sawah dan ribuan rumah di Kecamatan Kroya, Adipala, Maos, Sidareja, Majenang, dan Wanareja. Sebuah jembatan dan tanggul Sungai Siglagah, Kecamatan Majenang dilaporkan jebol pada Jumat malam. Ratusan penduduk di Wanareja diungsikan.

Bupati Cilacap Probo Yulastoro, Sabtu pagi memerintahkan camat Sidareja segera membuka dapur umum untuk para pengungsi. Jangan sampai ada pengungsi korban banjir yang kelaparan.

Di Kebumen, banjir melanda 15 desa di Kecamatan Adimulyo juga merendam ribuan ha sawah dan ratusan rumah penduduk. Puluhan kilometer ruas jalan yang menghubungkan Purwokerto - Yogyakarta di Kebumen terendam banjir. Lalu lintas di jalur tersebut terganggu, baik kendaraan roda dua maupun empat.

Di wilayah pantai utara (pantura) Jateng, banjir juga melanda Kabupaten Pemalang dan Brebes. Sedang di Kabupaten Pekalongan, terjadi tanah longsor di beberapa titik.

Di Kabupaten Pemalang banjir terjadi mulai dari Kecamatan Belik, Pulosari, Randudongkal, dan Bantarbolang. Air bah mengalir dari daerah pegunungan di sekitarnya dan menggenangi ruas-ruas jalan dan daerah pemukiman. Banjir cepat surut, karena air langsung mengalir ke sungai-sungai yang ada di dataran rendah. [WMO/070/142/153/146 /148/120]



Post Date : 31 Januari 2009