Banjir Melanda Kawasan Punclut

Sumber:Kompas - 19 April 2005
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Bandung, Kompas - Banjir yang melanda kawasan Punclut, di wilayah Bandung utara, Senin (18/4) siang, lebih diakibatkan faktor pembangunan jalan yang tidak sesuai dengan skema teknis yang diberikan Pemerintah Kota Bandung. Untuk itu pembangunan jalan itu harus dihentikan.

Demikian dikatakan Wali Kota Bandung Dada Rosada seusai menghadiri peresmian media center KAA di Bandung, Senin. "Kalau memang mengakibatkan banjir di sekitar rumah warga, artinya pembangunan itu menyalahi aturan. Pembangunannya harus memperbaiki hal itu. Harus dihentikan," katanya.

Pemkot Bandung dan DPRD Kota Bandung telah mengeluarkan perintah penghentian proyek pembangunan jalan di Kawasan Punclut, terutama di daerah Curug Dago. Namun, pengembang tetap melanjutkan proyek tersebut.

Pemkot dan DPRD merekomendasikan agar pembangunan jalan tersebut tidak dilanjutkan hingga dikeluarkannya izin analisis mengenai dampak lingkungan.

Dada menegaskan, pihaknya akan meninjau kembali kebijakan pembangunan tersebut bila memang terbukti banjir itu disebabkan pembangunan jalan yang tidak sesuai dengan peraturan yang telah diberikan.

Dada mengatakan, yang menjadi permasalahan di Punclut adalah pembangunan itu memang dikehendaki oleh warga. Jadi, pihaknya tidak bisa menghentikan selama tidak ada permohonan dari warga.

Pihaknya, kata Dada, masih akan mempertimbangkan segala aspek tentang penghentian itu, termasuk masukan dari warga sekitar proyek. (mhd)



Post Date : 19 April 2005