Banjir Melanda Kabupaten Nagan Raya, Aceh

Sumber:Suara Pembaruan - 08 Oktober 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
[BANDA ACEH] Hujan deras yang melanda Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, sepanjang Jumat sore hingga Sabtu (6/10) petang mengakibatkan daerah itu banjir besar menyusul meluapnya Sungai Krueng Nagan dengan ketinggian air tiga meter. Banjir menyebabkan rumah penduduk terendam dan jembatan antardesa ambruk.

Warga Nagan Raya, Hardi, kepada SP, Minggu (7/10) malam mengatakan, genangan air setinggi tiga meter hanya terjadi sepanjang Sabtu kemarin dan pada Minggu air sudah surut dan warga yang mengungsi kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan lumpur.

Genangan air terjadi di lintasan jalan raya, Banda Aceh-Aceh Selatan, tepatnya di kawasan Simpang Peut Jueram mulai dari Desa Suak Puntong hingga Desa Leung, Kecamatan Kuala terjadi luapan air dan menggenani ratusan rumah warga.

Mendata

Kepala Dinas Sosial Nagan Raya, Ansarullah menyebutkan, pihaknya telah mendata pada petang kemarin ada sekitar 3.500 jiwa penduduk yang menimpa musibah banjir.

Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar mengatakan, Pemda Aceh telah mengirimkan sebanyak 100 ton beras untuk membantu korban banjir.

Untuk mengatasi banjir ke depan, Pemda Aceh akan membuat lembaga yang khusus menangani banjir dan bantuan tanggap darurat. [147]



Post Date : 08 Oktober 2007