Banjir Landa Daerah Pinggiran Citarum

Sumber:Pikiran Rakyat - 28 Februari 2006
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
BANDUNG, (PR).Banjir kembali meluas dan melanda beberapa wilayah di Kab. Bandung, terutama daerah yang berdekatan dengan Sungai Citarum akibat hujan yang mengguyur Kota Bandung, Minggu (26/2). Sungai Citarum meluap dan merendam ratusan rumah penduduk dengan ketinggian 0,5 meter hingga 2 meter.

Sedikitnya 95 rumah dan 2 masjid di Kp. Citepus Desa Pasawahan Kec. Dayeuhkolot Kab. Bandung, terendam banjir. Sekira 150 kepala keluarga (KK) harus mengungsi.

Ketua RW 01 Citepus, M. Taufik, mengatakan, banjir kali ini lebih besar dari banjir sebelumnya. Sebelumnya hanya 75 rumah yang terendam, tapi sekarang lebih dari 90 rumah, ujarnya.

Taufik juga mengeluhkan perusahaan instalasi pengolahan limbah yang berada di Jln. Cisirung, karena selalu membuang limbah terutama pada saat hujan dan banjir seperti sekarang ini.

Instalasi pengolahan limbah yang dikelola oleh PT Damba Intra sangat tidak peduli dengan warga di sini, ujar Taufik.

Banjir juga merendam Jala Cisirung Palasari, yang menghubungkan Jln. Moh. Toha dengan Cibaduyut. Air setinggi lebih dari 50 cm, sempat membuat kendaraan yang melewati jalur itu terhambat.

Dari pemantauan PR di lapangan, sejumlah kendaraan roda dua dan empat mogok ketika berusaha melewati jalan di depan unit pengolahan limbah PT Damba Intra. (A-157)

Post Date : 28 Februari 2006