Banjir Landa Bondowoso dan Situbondo

Sumber:Suara Pembaruan - 18 Januari 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
[BONDOWOSO] Hujan lebat selama dua hari satu malam yang mengguyur kawasan tapal kuda yakni bagian timur di Provinsi Jawa Timur menyebabkan banjir di Kabupaten Bondowoso dan Situbondo, Kamis (17/1) petang. Volume air yang mengalir di Sungai Wonoboyo meluap dan tanggul pun jebol sehingga menggenangi Desa Wonoboyo, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso.

Bupati Bondowoso Mashoed seusai meninjau lokasi bencana, Jumat (18/1) pagi mengatakan, ratusan rumah penduduk di Dusun Krajan, Desa Wonoboyo terendam hingga sekitar setengah meter. Sedangkan kawasan lahan pertanian terendam setinggi satu meter. Bangunan dam di perbatasan Desa Leprak juga jebol hingga menggenangi sebagian wilayah desa itu.

"Luapan banjir juga memutus sementara jalur jalan raya yang menghubungkan Kecamatan Klabang (Bondowoso) dengan Kecamatan Kendit (Situbondo). Akibatnya, Kamis petang kami gagal mencapai daerah bencana," ujar Mashoed.

Diungkapkan, untuk meringankan beban penderitaan penduduk yang dilanda banjir, Pemerintah Kabupaten Bondowonso, Jumat pagi ini membagikan bantuan beras dan lauk pauk. Untuk memperbaiki tanggul yang jebol, warga dibantu TNI AD dan Polri melakukan kerja bhakti massal.

Dari Situbondo dilaporkan, akibat hujan lebat yang sama dengan di Bondowoso, menyebabkan Sungai Pelalangan yang melintasi Dusun Baretan, Desa Selowongo, Kecamatan Bungatan, meluap setelah tanggul jebol sepanjang 30 meter. Ratusan rumah penduduk dan areal persawahan direndam banjir. [070]



Post Date : 18 Januari 2008