Banjir Kiriman Melanda Jakarta Selatan

Sumber:Koran Tempo - 17 April 2008
Kategori:Banjir di Jakarta

JAKARTA -- Air kiriman dari Bogor menyebabkan Kali Pesanggrahan, Jakarta Selatan, meluap. Luapan air menggenangi kawasan Poncol, Lebak Bulus, Cirendeu, dan Pondok Pinang. Akibatnya, sejumlah perumahan di wilayah itu mengalami banjir dadakan.

Di perumahan Cirendeu Permai, Tangerang, menurut Retmi, 60 tahun, warga setempat, "Air mulai datang pukul 06.00 dan terus naik." Satu jam kemudian, katanya, penjaga pintu air Katulampa menghubungi Ketua RT 001 Artur Serong. Penjaga bendungan itu memperingatkan air di Cirendeu Permai akan semakin tinggi menjelang siang. "Kata penjaga, air di Katulampa Bogor mulai naik mendekati angka 2,5 meter," katanya. Meningkatnya ketinggian air di bendungan itu karena hujan yang mengguyur Bogor sejak Selasa malam hingga Rabu siang.

Menurut petugas keamanan perumahan itu, Imisarman, 30 tahun, sekitar seratus rumah warga terendam. Ketinggian air di RT 001 dan 002 perumahan itu mencapai setengah meter.

Di RT 003 dan RT 004 Kelurahan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, air merendam lebih dalam. Sebanyak 100 rumah di RT 003 dan 200 rumah di RT 004 tergenang air setinggi 1,5 meter. "Air mulai datang pukul 4 pagi dan semakin tinggi setelah pukul 9," ujar Saritem, warga setempat. Warga pun mulai menyelamatkan barang-barang ke atap rumah.

Menurut Mamay, 30 tahun, banjir kiriman dari Bogor sudah sering terjadi di Pondok Pinang. "Tapi kami baru akan mulai mengungsi saat air bertambah tinggi," katanya.

Akibat banjir tersebut, jalan yang menghubungkan SD III di wilayah itu dengan Ciputat, Tangerang, terputus.

Di Perumahan Poncol, Tangerang, air setinggi 30 sentimeter menggenangi jalan perumahan itu sejak pukul 09.00 WIB. Akibatnya, pengendara motor sulit melintas. CORNILA DESYANA



Post Date : 17 April 2008