Banjir Kembali Landa Kuripan

Sumber:Banjarmasin Post - 10 September 2005
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Marabahan, BPost Setelah sempat terendam air pada Januari lalu, Kecamatan Kuripan Kabupaten Barito Kuala (Batola) kembali tergenang air dan bahkan hingga kini air terus meninggi.

Tak ayal lagi meningginya debit air ini berakibat mulai terhambatnya aktifitas warga masyarakat. Puluhan rumah yang berada antara lain di Desa Kuripan, Desa Tabatan, Desa Rimbun Tulang mulai dimasuki atau tergenang oleh air.

Kepada BPost, Sabtu (9/4) pagi, Barni satu tokoh masyarakat Kecamatan Kuripan menuturkan bahwa air mulai menggenangi atau memasuki kediaman penduduk.

"Sebenarnya air telah mulai meninggi sejak minggu lalu. Tapi awalnya kita menduga bahwa hanya pasang biasa seperti yang umumnya terjadi," papar Barni kepada BPost.

Namun ternyata dugaan pihaknya salah. Air terus saja meninggi dan tidak surut-surut sehingga mulai menggenangi jalan-jalan. "Kini air mulai masuk rumah. Bahkan, satu masjid yakni Nurul Iman sudah dimasuki air," ungkapnya dengan nada was-was.

Peristiwa ini sendiri hampir serupa dengan Januari lalu. Dimana banjir juga melanda Kuripan. Akibatnya aktifitas lumpuh total dan air mulai surut dalam waktu hampir dua minggu lebih.

Disinggung apakah sudah ada bantuan dari pihak luar, Barni mengatakan tak ada. Terpisah, satu warga Kuripan lainnya menuturkan saat ini terpaksa untuk melakukan aktifitas seperti bepergian para warga menggunakan jukung dan kelotok.

Dugaan sementara banjir yang melanda kecamatan yang berada paling ujung Kabupaten Batola ini tidak terlepas dari banjir yang juga melanda beberapa daerah di Kalimantan Tengah tampaknya. dwi

Post Date : 10 September 2005