Banjir, Jalur Selatan Macet

Sumber:Suara Merdeka - 14 Juli 2010
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

BANYUMAS - Arus lalu lintas di jalur selatan, Yogya-Bandung semalam tak bisa dilalui kendaraan karena terendam banjir. Banjir terjadi di dua titik, yakni di Desa Kedunggede, Lumbir dan Kedungpring, Kecamatan Kemranjen. Banjir terjadi akibat hujan yang turun sejak Selasa petang.

Di wilayah Lumbir, sekitar 60 km dari Purwokerto, banjir akibat meluapnya Sungai Ihaur. Sedangkan di Kedungpring, sekitar 40 km dari Purwokerto terjadi banjir kiriman.

Di Lumbir, genangan air di jalan raya ketinggiannya mencapai 70 cm.Sedangkan di Kedungpring hanya sekitar 30 cm. Akibat genangan air yang menutup jalan, kendaraan tak berani melintas.

Menurut Kaur Umum Desa Kedunggede Widodo, banjir akibat luapan sungai Cihaur tersebut juga menyebabkan tak kurang dari 30 rumah penduduk di pinggiran sungai tergenang air. ''Sungai Cihaur meluap karena tak mampu menampung air karena dangkal. Di bawah jembatan sungai, tersumbat karena penuh dengan sampah. Air meluap ke jalan raya hingga tak bisa dilalui kendaraan. Panjang jalan yang tergenang air sekitar 500 meter,''ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Banyumas AKP Tarhim mengatakan untuk mengatasi antrean kendaraan,anggotanya telah diturunkan ke lokasi. (G23-53)



Post Date : 14 Juli 2010