Banjir Genangi 11 Desa dan Sawah di Kulonprogo

Sumber:Koran Sindo - 27 Maret 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
KULONPROGO (SINDO) Sekitar 588 hektare (ha) areal persawahan di wilayah selatan Kab Kulonprogoterendam banjir. Hujan deras yang mengguyur sejak pekan lalu,terus menambah debit air yang menggenang hingga siang, kemarin.

Akibat rendaman air hujan itu, ratusan hektare tanaman padi sawah terancam puso. Bahkan, ketinggian banjir mencapai ketinggian 30-50 cm, dan menggenangi 11 desa di wilayah Kec Panjatan, Kulonprogo. Luas areal persawahan yang terendam banjir masing-masing berada di Desa Panjatan seluas 25 ha, Desa Kanoman 60 ha,Desa Depok 63 ha,dan Desa Bugel 85 ha. Selain areal persawahan padi, banjir juga merendam 16 hektare tanaman cabe merah dan 10 hektare bawang merah.

Menurut Kepala Seksi Perlindungan pada Subdin Perlindungan Tanaman dan Holtikultura Dinas Pertanian Kab Kulonprogo Tri Dwiyatun, hingga awal pekan ini,pihaknya masih belum bisa mengalkulasi total kerugian petani akibat banjir tersebut.

Namun, ia mengkhawatirkan, banjir tidak akan cepat surut, sehingga berpotensi merusak tanaman padi yang kini berusia antara 22-100 hari itu. Jika hujan terus terjadi, dan genangan air lama surutnya, dikhawatirkan berpotensi gagal panen atau sawah puso, ujar Tri Dwiyatun,kemarin. Sementara itu puluhan ha lahan persawahan di Kab Sleman diserang hama tikus. Lahan yang diserang berada di Kec Godean. (ainun najib/ sofian dwi/moch fauzi)



Post Date : 27 Maret 2007